Pagar Bandara Tak Bisa Ditutup Penuh

Kerap kali masyarakat banyak singgah di pinggir jalan tak jauh dari Patung Selamat Datang Jl A Yani KM 28 Banjarbaru.

Pagar Bandara Tak Bisa Ditutup Penuh
net
bandara syamsuddin noor 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kerap kali masyarakat banyak singgah di pinggir jalan tak jauh dari Patung Selamat Datang Jl A Yani KM 28 Banjarbaru. Bahayanya, pengendara itu singgah saat lalu lintas ramai.

Maraknya pengendara singgah di kawasan Bandara Syamsudin Noor untuk melihat pesawat yang tinggal landas maupun mendarat.

Padahal jelas-jelas sudah ada rambu larangan berhenti dan kerap kali dirazia polantas, namun tetap saja semarak.

Ada usulan sebagian orang, sebaiknya pagar bandara itu ditutup penuh saja. Tidak seperti sekarang berpagar kawat berongga yang membuat orang masih bisa melihat pesawat hilir mudik.

Namun ternyata usulan tersebut tak bisa dipenuhi pihak bandara. Berdasarkan aturan, pagar tak boleh tertutup penuh.

"Memang tak boleh ditutup penuh pagarnya. Harus terlihat jelas. Alasannya untuk keamanan dan bila ada kejadian di bandara bisa cepat ditangani dan terlihat dengan jelas dari segala penjuru. Itulah makanya pagar bandara tidak bisa ditutup penuh," kata General Manager Angkasa Pura I Airport Syamsuddin Noor, Handy Heryudhitiawan ditemui usai buka puasa bersama dan peringatan Nuzulul Quran, Rabu (8/7) malam di Novotel Hotel Banjarbaru.

Untuk tinggi pagar memang juga ada aturannya. Tinggi minimal 2,4 meter dan jarak runway ke jalan negara minimal 150 meter.

Penulis: M.Risman Noor
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help