Daun Binahong, Resep Panjang Umur Nenek Yati

Sebagian besar manusia memang hanya dapat bertahan hidup sampai batas usia tertentu

Daun Binahong, Resep Panjang Umur Nenek Yati
tribunjogja/rendikaferrik
Yati sedang duduk sambil memegang KTP yang menerangkan bahwa ia lahir pada tanggal 10 April 1910, di rumah kediamannya di Nologaten, Depok, Sleman, Minggu (2/8/2015). 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Sebagian besar manusia memang hanya dapat bertahan hidup sampai batas usia tertentu, namun ada sebagian lainnya yang ditakdirkan memiliki umur yang panjang. Ketika manusia biasa mungkin hanya berusia 50 tahun, ada beberapa orang yang bahkan dapat hidup sampai 100 tahun.

Bagi sebagian orang memang sulit membayangkan, bagaimana hidup selama seratus tahun. Namun tidak berlaku bagi Magdalena Wardiyati, warga kampung Nologaten RT7 RW2, Depok, Sleman, yang mengaku telah hidup selama lebih dari satu abad.

Pada tahun 2015 ini, Yati bahkan telah berumur 105 tahun. Hal itu dibuktikannya, di KTP yang menerangkan bahwa ia lahir padda 10 April 1910.

Lahir pada 10 April 1910 di Samigaluh, Purworejo, Yati telah menjadi saksi hidup, dari banyak rentetan peristiwa bersejarah yang berlangsung hampir lebih seabad di tanah air.

Yati tinggal sendiri di rumah anak adopsinya, yang tak lain adalah cucu kandungnya sendiri. Cucunya, Heri, yang merupakan anak dari anak ketiganya, yang kini tinggal di Bali.

Sehari-hari, Yati dibantu oleh seorang perawat yang senantiasa mengurusi dirinya, mulai dari menyiapkan makanan, mandi, sampai ganti popok.

Cucunya dari lain anak, Aji, juga sering datang menengok Yati untuk sekedar mengecek kondisi kesehatannya.

Kendati sudah berumur 105 tahun, Yati masih terlihat sehat dan bugar. Ia masih dapat mendengar, melihat dengan baik, bicaranya pun jelas dan lancar.

Walaupun ia sekarang terbatas dalam bergerak karena kakinya yang tak kuat untuk berdiri, namun ia masih bisa duduk dalam waktu beberapa lama untuk sekedar bercerita atau menerima tamu yang datang.

Walaupun sendiri, Yati mempunyai banyak teman sesama manula, di Paguyupan Adiyuswo Ngestirahayu di bawah RSUP Dr Sardjito.

Halaman
123
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help