Avanza-Xenia di Pasar Mobil Bekas Anjlok

ternyata idola keluarga Indonesia itu mulai turun pamornya, salah satunya disebabkan oleh rencana peluncuran model baru

Avanza-Xenia di Pasar Mobil Bekas Anjlok
Konsumen yang datang pada Weekend Surorise Mobil88 2015 di Parkir Timur Senayan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA – Sebagai model terlaris di Indonesia, pamor "duet maut" Avanza-Xenia sudah tidak terbantahkan di mata konsumen Indonesia, termasuk segmen mobil bekas (mobkas).

Tapi, dalam dua bulan terakhir ternyata idola keluarga Indonesia itu mulai turun pamornya, salah satunya disebabkan oleh rencana peluncuran model baru, Grand New Avanza dan Great New Xenia, 12 Agustus 2015 mendatang.

Memang isu peluncuran kedua model baru itu sudah bergulir sejak dua bulan lalu. Berbagai bocoran, mulai dari gambar, sketsa, foto, sampai video presentasi pramuniaga salah satu merek bocor ke internet. Kondisi ini tentu membuat konsumen yang berniat membeli mobil baru rela menantikan peluncurannya.

Dampak dari kondisi ini langsung dialami para pedagang mobkas di Bursa Mobil Bekas Mall MGK Kemayoran, Jakarta Pusat yang mengaku mulai sulit menjual duo Avanza-Xenia. Menurut Teddy, pemilik showroom Jaya Mobil, penjualan Avanza-Xenia turun cukup signifikan, alhasil harga jual kembali kedua model ini ikut terpangkas.

“Turunnya bisa Rp 3 juta sampai Rp 5 juta. Itu tergolong besar untuk segmen mobil ini,” ungkap Teddy seperti dikutip dari KompasOtomotif, Rabu (5/8/2015).

Sebelum merebak kabar rencana peluncuran model baru, Teddy mengaku bisa menjual minimal lima unit Avanza-Xenia per bulan. Tapi sejak bulan lalu, turun tinggal tiga sampai empat unit saja.

Hal serupa juga dialami Ari Permana dari showroom Family Mobilindo, mengatakan rencana diluncurkannya model baru, mendorong konsumen untuk berpaling dari mobkas. “Sebenarnya sudah mulai menurun sejak dua bulan lalu, apalagi sekarang diskonnya juga besar-besar,” ujar Ari.

Seperti diketahui, pasar mobil baru juga tengah lesu mengakibatkan sejumlah merek kelebihan stok di diler. Untuk menyelamatkan penjualan, akhirnya rangsangan berupa potongan harga alias diskon digelontorkan.

“Konsumen lebih pilih mobil baru ketimbang mobil bekas kalau diskonnya besar seperti itu,” kata Ari. Saat ini, Avanza di pasar mobkas dijual sekitar Rp 135 juta sampai Rp 145 juta, untuk tahun produksi 2012 sampai 2013, sedangkan Xenia biasanya lebih murah, namun tetap terpaut tipis.

Editor: Halmien
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved