Warga Miskin Tambah 4 Ribu Orang

Nama Udin Berubah Jadi Burhanuddin

kini berdasar usulan Pemko Banjarmasin yang diperoleh dari seluruh ketua RT (rukun tetangga), jumlahnya bertambah menjadi 47 ribu orang.

Nama Udin Berubah Jadi Burhanuddin
ilustrasi: warga miskin

BANJARMASIN, BPOST - Akhirnya harapan Rohana (70), terpenuhi. Warga Jalan Pekapuran B Banjarmasin itu masuk ke daftar pembaharuan rumah tangga miskin (RTM).

Apabila ditetapkan masuk RTM, perempuan tua yang hidup di rumah kontrakan itu bakal mendapatkan layanan program penanggulangan kemiskinan seperti Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dan Beras untuk Rakyat Miskin (Raskin).

Berdasar data 2011 yang dijadikan dasar RTS (rumah tangga sasaran, sebelum ditetapkan sebagai RTM), jumlah warga miskin di ibu kota Kalsel ini sekitar 39 ribu orang. Namun, kini berdasar usulan Pemko Banjarmasin yang diperoleh dari seluruh ketua RT (rukun tetangga), jumlahnya bertambah menjadi 47 ribu orang.

Menurut Kepala BPS Kota Banjarmasin, Rismanto, verifikasi sudah dilakukan sekitar 30 persen. Berdasar verifikasi itu kemungkinan jumlah RTS berkurang dari usulan. Dari 47 ribu diperkirakan berkurang menjadi 42-43 ribu orang, atau bertambah 3 ribu hingga 4 ribu dibanding data 2011.

Pengurangan terjadi karena banyaknya duplikasi yang dalam RTS yang diusulkan. “Misal nama Udin pada data 2011. Saat pendataan baru, namanya berubah menjadi Burhanudin. Padahal orangnya sama,” kata Rismanto, kemarin.

Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi cetak Rabu (19/8/2015) atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

Penulis: Murhan
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved