Ikan Saluang Goreng Khas Banjar Favorit Wisatawan

Ikan ini pipih, kurus, kecil dan kerap dijadikan tangkapan warga untuk dijadikan lauk. Sejak lama ikan ini menjadi favorit orang Banjar dijadikan lauk

Ikan Saluang Goreng Khas Banjar Favorit Wisatawan
banjarmasinpost.co.id/yayu fathilah
Ikan Saluang yang dijual di Rumah Makan Cendrawasih Sarahai, Jalan Pangeran Samudera nomor 65/24 RT 6, Kelurahan Kertak Baru, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Saluang atau bahasa latinnya Rasbora, merupakan ikan khas sungai Kalimantan Selatan.

Ikan ini pipih, kurus, kecil dan kerap dijadikan tangkapan warga untuk dijadikan lauk. Sejak lama ikan ini menjadi favorit orang Banjar dijadikan lauk santapan bersama hidangan lainnya.

Biasanya, ikan ini disukai banyak kalangan karena kegurihan dan kerenyahannya. Oleh orang Banjar, jika tidak dimasak pepes, bisa juga hanya digoreng hingga kering.

Nah, ikan saluang yang digoreng ini kerap dijadikan oleh-oleh. Dijualnya pun dalam bentuk kemasan sehingga mudah dibawa.

Seorang pembuat sekaligus penjualnya adalah Sofia Indriyati. Dia biasa menjualnya di toko miliknya, yaitu Rumah Makan Cendrawasih Sarahai, Jalan Pangeran Samudera nomor 65/24 RT 6, Kelurahan Kertak Baru, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Ikan saluang tersebut diambil di sungai-sungai di Kota Marabahan, Kabupaten Baritokuala, Kalimantan Selatan.

Setelah dibersihkan isi perutnya, barulah ikan-ikan itu digorengnya hingga kering. "Menggorengnya dengan minyak yang masih bagus, sekitar satu jam saja," urainya.

Ikan saluang goreng produksinya sangat diminati wisatawan yang datang.

Bisa dikatakan, jika ada wisatawan yang datang ke tokonya, biasanya mencari ikan Saluang goreng ini.

Saking larisnya, ikan Saluang yang baru saja digorengnya, belum lagi dibungkus sudah ada yang membelinya.

Halaman
12
Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved