Bingung Biaya Nikah? Aplikasi Lokal Ini Bisa Sediakan Dana

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, pernikahan tak ubahnya tahapan sakral. Seyogyanya, mahligai tersebut dijalani hanya dengan satu orang

Bingung Biaya Nikah? Aplikasi Lokal Ini Bisa Sediakan Dana
Wedlite
Wedlite 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, pernikahan tak ubahnya tahapan sakral. Seyogyanya, mahligai tersebut dijalani hanya dengan satu orang seumur hidup.

Karena direncanakan hanya satu kali, pernikahan dalam budaya timur kerap direfleksikan dengan pesta besar-besaran. Masalahnya, tak semua orang mampu mengeluarkan biaya pernikahan seabrek.

Alhasil, beberapa pasangan memilih menjual aset seperti motor, mobil bahkan tanah untuk menghimpun dana. Bagi yang tak punya aset, akhirnya harus rela menunda pernikahan sembari menabung dalam jangka waktu tak sebentar.

Kegalauan yang lekat dengan masyarakat mayoritas Indonesia ini ingin ditumpas oleh sebuah startup digital bertajuk "Wedlite". Didirikan sejak awal 2015, startup ini beritikad memberi solusi pinjaman biaya pernikahan hingga jangka tiga tahun.

"Kami ingin mengeliminasi kekhawatiran keuangan bagi pasangan muda yang ingin menikah," kata pendiri Wedlite, Abraham Viktor, saat mengunjungi kantor Nextren beberapa waktu lalu.

Bisa cepat dan praktis

Diharapkan, tak ada lagi pasangan yang harus menggadaikan aset atau menunda pernikahan hanya karena kurang dana. Pengajuan pinjaman pun dikatakan lebih mudah karena semuanya dilakukan secara online lewat situs resmi Wedlite.

Pertama-tama, pelamar pinjaman diminta mendaftar dan mengisi formulir online. Adapula dokumen-dokumen yang perlu disertakan. Antara lain KTP, Kartu Keluarga, PBB (bila ada), slip gaji, buku tabungan tiga bulan terakhir dan BPKB mobil atau motor.

"Untuk isi formulir itu paling cuma butuh waktu 5 hingga 10 menit. Nggak perlu lewat birokrasi berbelit," Abraham berujar.

Sebagai jaminan pinjaman, ada tiga tipe aset yang bisa kamu ajukan. Yakni mobil, motor dan bangunan (rumah atau ruko). Kamu juga bisa menentukan besar pinjaman tanpa ada batasan angka.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved