Dibuang di Tempat Sampah, Game Atari Laku Rp 1,4 Miliar

Sempat terkubur selama beberapa dekade, ratusan kaset (cartridge) game lawas untuk konsol game Atari 2600

Dibuang di Tempat Sampah, Game Atari Laku Rp 1,4 Miliar
www.polygon.com
Tiga dari 881 kaset video game Atari yang ditemukan di bekas tempat pembuangan sampah kota Alamogordo 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sempat terkubur selama beberapa dekade, ratusan kaset (cartridge) game lawas untuk konsol game Atari 2600 dilaporkan laku terjual senilai miliaran rupiah.

Sebagaimana dirangkum Nextren dari ArsTechnica, Rabu (2/9/2015), ke-881 kaset game itu ditemukan di sebuah lahan di dekat kota Alamogordo, New Mexico, AS, pada April tahun lalu, kemudian dijual melalui lelang di e-Bay oleh para penemunya.

Kaset-kaset tersebut berisi aneka judul game Atari lawas dari dekade 80-an seperti Pac-Man, Pele's Soccer, Yar's Revenge, Baseball, Centipede, dan Warlods.

Total dana yang dikumpulkan dari hasil lelang mencapai lebih dari 100.000 dollar AS (Rp 1,4 miliar). Sebagian besar diberikan ke kas kota Alamogordo, lainnya disumbangkan ke Tularosa Basin Historical Society.

Biaya pengiriman kaset-kaset game lawas itu saja mencapai 26.000 dollar AS karena pembelinya berasal dari berbagai negara seperti Brazil, Australia, Singapura, Perancis, dan Kanada.

Dibuang ke tempat sampah

Mengapa kaset-kaset game Atari bisa berada di sana? Pada 1983, bisnis video game di AS mengalami kolaps. Atari sebagai salah satu pemain industri game terbesar saat itu pun terpukul dan terpaksa menutup pabriknya di Texas.

Ribuan kaset game turut menjadi korban dan harus dibuang oleh Atari ke suatu tempat. Tapi, mungkin lantaran malu, Atari tak pernah menjelaskan ke publik soal di mana persisnya "tempat perisirahatan" artefak-artefak dunia game tersebut.

Gosip berkembang, kisah kaset-kaset video game yang terbuang ini pun sempat menjadi "urban legend" di kalangan gamer AS.

Lama setelahnya, pada April 2014, seorang kontraktor kebersihan bernama Joe Lewandowski menyelidiki nasib kaset-kaset game Atari dan menemukan lokasi penguburan mereka di dekat Alamogordo, yang ternyata merupakan bekas tempat pembuangan sampah lama.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help