Gunung Kayangan, Bak Hollywoodnya Kabupaten Tanahlaut

Kabupaten Tanahlaut adalah satu di antara 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. Kabupaten ini memiliki banyak potensi wisata

Gunung Kayangan, Bak Hollywoodnya Kabupaten Tanahlaut
banjarmasinpost.co.id/yayu
gunung kayangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kabupaten Tanahlaut adalah satu di antara 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. Kabupaten ini memiliki banyak potensi wisata, di antaranya adalah Gunung Kayangan.

Terletak di wilayah Desa Ambungan, Kota Pelaihari, gunung ini sebenarnya bukanlah gunung, melainkan bukit.

Namun oleh warga sekitar disebutnya gunung. Tingginya tidak terlalu tinggi sehingga jalur pendakiannya sangat mudah. Apalagi jalan menuju ke puncaknya sudah diaspal dan tanjakannya pun bisa dikatakan landai.

Pemandangan di sekitarnya dipenuhi hamparan perkebunan dan hutan. Di seberangnya, tampak puncak Gunung Keramaian yang berdiri kokoh.

Udara di sini sebenarnya cukup sejuk dan berangin, namun sayang sekarang karena sedang musim kabut asap akibat kebakaran lahan mengakibatkan udaranya jadi bau gosong.

Termasuk di sekitar gunung ini, anginnya cukup kencang namun sesekali ada tercium bau gosong akibat pembakaran lahan di sekitarnya dan hawanya agak panas.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika kemari harus membawa masker. Kawasan wisata ini memiliki tiga pendopo kecil dan satu pendopo besar untuk tempat bersantai pengunjung.

Di situ ada lima warung kaki lima yang menjual makanan dan minuman dengan harga murah, di bawah Rp 10.000. Warung-warung ini buka tiap hari dari pagi hingga menjelang malam.

Tiap hari ada saja wisatawan yang kemari, hanya untuk bersantai menikmati keindahan alam sekitarnya.

Tempat ini tenang, cocok untuk melepas penat dari segala keletihan hidup, disuguhi pemandangan alam hijau Kabupaten Tanahlaut dari ketinggian.

Halaman
1234
Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help