Meski Sekuat Tenaga Menahan, Akhirnya Yamaha Indonesia Naikkan Harga

Hasilnya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tidak bisa bertahan dan memutuskan untuk mengerek banderol model yang dipasarkan

Meski Sekuat Tenaga Menahan, Akhirnya Yamaha Indonesia Naikkan Harga
banjarmasinpost.co.id/kompas.com
Deretan moge Yamaha di Gaikindo Indonesia INternational Auto Show 2015. 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Nilai tukar dollar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah masih terus menguat, angka terakhir berada di level Rp 14.465. Kondisi seperti itu menjadikan membuat sejumlah pabrikan otomotif di Indonesia mulai pusing, termasuk Yamaha Indonesia.

Hasilnya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tidak bisa bertahan dan memutuskan untuk mengerek banderol model yang dipasarkan. Kenaikan harga yang ditetapkan beragam, mulai Rp 100.000 sampai Rp 500.000.

Kepastian kenaikan banderol disampaikan langsung oleh Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran YIMM saat dihubungi KompasOtomotif via ponsel, Senin (21/9/2015).

“Untuk kenaikan per modelnya saya kurang hafal, tapi rangenya dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000 masing-masing model,” ucap Masykur.

Pabrik

Terkait perekonomian Indonesia yang sedang melemah, kata Masykur, aktivitas di pabrik perakitan sepeda motornya tetap berjalan lancar, Yamaha Indonesia tidak harus merumahkan karyawan (Pemutusan Hubungan Kerja/PHK) namun ada penyesuaian jam operasional pabrik.

“Kondisi pabrik berjalan normal, ada pengurangan target penjualan namum saya belum dapat info besarnya berapa dan kami tidak ada pengurangan karyawan namun sudah mengurangi aktivitas lembur,” kata Masykur.

Menurutnya, kondisi seperti ini akan terus bertahan hingga akhir tahun. Sehingga, untuk menjaga terjadinya penumpukan stok di gudang, maka penyesuaian waktu akan terus dilakukan hingga akhir 2015 ini atau sampai daya beli masyarakat kembali pulih.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved