Ada Perbedaan Layanan

Kepada Yth pengelola BPJS di Banjarmasin. Saya pensiunan PNS pernah beberapa kali rawat inap di rumah sakit ingin menanyakan

Ada Perbedaan Layanan
banjarmasinpost.co.id/wikipedia
BPJS Ketenagakerjaan

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepada Yth pengelola BPJS di Banjarmasin. Saya pensiunan PNS pernah beberapa kali rawat inap di rumah sakit ingin menanyakan, dalam pelayanan kesehatan apakah ada perbedaan antara peserta Askes dengan peserta BPJS. Hal ini saya tanyakan, karena ada informasi peserta BPJS mendapat pelayanan kesehatan secara cuma-cuma, termasuk obat-obatan yang mahal sekalipun. Sementara peserta Askes selalu disuruh beli di apotek apabila obatnya mahal, alias tidak gratis. Mohon penjelasannya. 081348314xxx

TANGGAPAN:
TERIMA kasih atas perhatiannya. Sesuai UU Nomor 24 Tahun 2011, sejak 1 Januari 2014 PT Askes dibubarkan tanpa likuidasi. Seluruh aset PT Askes menjadi aset BPJS Kesehatan, sehingga secara otomatis seluruh peserta PT Askes menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Untuk pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta BPJS Kesehatan sama dengan yang diberikan pada saat PT Askes yaitu sesuai regulasi pemerintah. Peserta akan diberikan pelayanan sesuai kebutuhan medis.

Yang sedikit berbeda pada saat pelayanan rawat jalan lanjutan (pelayanan RS) di mana saat PT Askes dibayar berdasarkan fee for servis, sementara di era BPJS dengan pola INA-BGs (berdasarkan diagnosa).

Untuk mendapatkan informasi saat pelayanan di rumah sakit, silakan menghubungi petugas BPJS Center yang ada di setiap rumah sakit kerja sama BPJS Kesehatan.

Mukhtar
Kepala Unit MK & UPMP4 BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin

Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help