Elnino Bikin Asap Kalimantan Makin Parah

Juga disebutkan, kondisi asap dan kebakaran hutan yang terjadi tahun ini jadi sangat buruk karena dipengaruhi oleh gelombang udara elnino

Elnino Bikin Asap Kalimantan Makin Parah
banjarmasinpost.co.id/fathurahman
Udara Palangkaraya sudah tidak sehat lagi, Sabtu (3/10/2015) asap sudah menguasai udara Palangkaraya, kabut asap tebal mengakibatkan cahaya matahari pun tidak bisa menembus bumi, sehingga warna Kota Palangkaraya menjadi kuning, karena debu kabut asap. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Beberapa waktu lalu lembaga antariksa amerika serikat NASA mempublikasi foto satelit yang menampilkan kabut asap yang menyelimuti wilayah Kalimantan.

Juga disebutkan, kondisi asap dan kebakaran hutan yang terjadi tahun ini jadi sangat buruk karena dipengaruhi oleh gelombang udara elnino yang memperpanjang musim kemaran, dan mengurangi curah hujan, sama seperti tahun 1997.

Hal ini tidak ditampik Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas I Banjarbaru, Kalsel, Purwanto. "Iya benar, fenomena el nino tahun ini mirip dengan tahun 1997, yang menyebabkan mundurnya musim kemarau dan juga musim hujannya," katanya, Sabtu (10/10). (Kur)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved