Dua Puasa Khusus yang Dilakukan Rasulullah Setiap Muharam

Setiap Bulan Muharam tiba, Nabi Muhammad biasanya melaksanakan puasa sunat khusus dua hari yaitu pada 9 dan 10 Muharam.

Dua Puasa Khusus yang Dilakukan Rasulullah Setiap Muharam
banjarmasinpost.co.id/hari widodo
Iring-ringan pawai yang dilepas oleh Sekda Banjar Ir H Nasrunsyah MP ini bergerak dari Halaman Kantor Pemkab Banjar menyusuri Jalan A Yani Kota Martapura, Rabu (14/10/2015). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Setiap Bulan Muharam tiba, Nabi Muhammad biasanya melaksanakan puasa sunat khusus dua hari yaitu pada 9 dan 10 Muharam.

Itu dilakukan Rasulullah disamping puasa sunat rutin seperti puasa Senin Kamis dan puasa pertengahan bulan Hijriyah atau dikenal pula sebagai puasa purnama.

“Tetapi Rasulullah tidak pernah berpuasa sunat khusus pada awal dan akhir Muharam, terkecuali pada hitungan tanggal itu bertepatan pada hari Senin atau Kamis. Inilah sunnah Rasulullah,” ujar Ustad H Husien Musa kepada jamaah Masjid Al Jihad Banjarmasin bada Salat Subuh Rabu.

Rasulullah, menurut dia, juga tidak pernah mencontohkan menyambut Tahun Baru 1 Muharam dengan pesta atau acara kegembiraan atau kegiatan tradisi apapun.

“Tidak ada yang dilakukan Rasulullah secara khusus menyambut 1 Muharam baik yang bersifat ibadah apalagi tradisi serta gaya hidup,” ujarnya.

Penulis: Umi Sriwahyuni
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help