Gina Tampilkan Bakuntau di Pemilihan Naga

Galuh Banjarbaru, Gusti Gina Madinatul Munawarni akan menampilkan seni bela diri asli Banua, Silat Bakuntau di acara Pemilihan

Gina Tampilkan Bakuntau di Pemilihan Naga
banjarmasinpost.co.id/istimewa
Gusti Gina Madinatul Munawarni

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Rencananya, Galuh Banjarbaru, Gusti Gina Madinatul Munawarni akan menampilkan seni bela diri asli Banua, Silat Bakuntau di acara Pemilihan Nanang dan Galuh Banjar Provinsi Kalsel, 22-25 Oktober 2015.

"Saya ada mempelajari beberapa kesenian seperti seni bela diri khas Banjar yakni silat Bakuntau, membuat kain sasirangan, dan mengenali lagu-lagu Banjar," kata Gina, Kamis (15/10).

Menurut dia, saat ini dirinya bergabung dengan perguruan Pencak Silat Patikaman Banjarbaru yang ditangani Demang dan Rizal.

Di masyarakat Banjar sendiri, lanjut dia, silat Bakuntau memang sudah kurang populer lagi. Namun, sebenarnya minat orang luar kalimantan hingga luar negeri justru sangat tertarik dengan Bakuntau.

"Di organisasi bekuntau ini lebih difokuskan ke aplikasi sebagai fungsinya yaitu bela diri yang menekankan pada struktur dan mekanisme tubuh manusia," jelasnya.

Jadi, lanjut perempuan kelahiran Pantai Hambawang, Hulu Sungai Tengai, 28 April 1995, bila diminta menampilkan bakat, akan menonjolkan silat Bakuntau.

Selain itu, lanjut mahasiswi Jurusan Psikologi Fakultas Kedokteran Unlam ini, menghadapi Pemilihan Galuh Kalsel yang paling utama mempersiapkan mental.

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved