Jangan Sembarangan Gunakan Obat Tetes Mata!

Mata adalah bagian tubuh yang vital, makanya harus dijaga dengan baik.

Jangan Sembarangan Gunakan Obat Tetes Mata!
net
ilustrasi

BANJARMASINPOST.CO.ID - Mata adalah bagian tubuh yang vital, makanya harus dijaga dengan baik. Namun banyak orang yang seringkali menggunakan obat tetes mata yang dibeli sendiri di apotek ketika mata bermasalah sedikit saja. Padahal sama seperti obat lainnya, memakai obat tetes mata tidak boleh sembarangan. Salah menggunakan obat tetes mata bisa berakibat fatal, apalagi jika obat tetes mata yang digunakan mengandung steroid.

Seperti yang dilansir dari kompas.com, Dokter Spesialis Mata Setiyo Budi Riyanto mengatakan, obat tetes mata yang mengandung steroid jika digunakan pada mata yang tidak teratur bisa membuat tekanan bola mata menjadi tinggi dan bisa menyebabkan glaukoma, dan jika digunakan dalam jangka panjang bisa menyebabkan katarak.

Ia juga menyayangkan obat tetes mata tersebut dijual bebas di apotek ataupun toko obat. Obat tetes mata yang mengandung steroid seharusnya menggunakan resep dokter.

Obat tetes mata yang boleh digunakan hanyalah yang ringan seperti artifical tears atau air mata buatan. Pastikan juga untuk membaca kandungan obat sebelum membeli, dan jika mengalami gangguan pada mata sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved