Disparsenibud Siapkan Wisata Sungai Jingah

Warisan budaya yang masih bisa ditemui di Banjarmasin antara lain di Kampung Sungai Jingah yang merupakan perkampungan tua

Disparsenibud Siapkan Wisata Sungai Jingah
net
Museum Wasaka, Banjarmasin.

BANJARMASINPOST.CO.ID - Banjarmasin adalah salah satu dari 10 kota di Indonesia yang ditetapkan pemerintah pusat sebagai Kota Pusaka dalam Program P3KP (Program Penataan dan Pelestarian Kota Pusaka).

Warisan budaya yang masih bisa ditemui di Banjarmasin antara lain di Kampung Sungai Jingah yang merupakan perkampungan tua di tepi Sungai Martapura. Kampung ini berjarak 2-3 km dari pusat kota dan secara administratif bagian Kecamatan Banjarmasin Utara.

Dipaparkan HM Khuzaimi, Kabid pengembangan Wisata Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kota Banjarmasin, ada rencana program penataan kampung Sungai Jingah sebagai kampung wisata.

"Sebagai penanda, dibuatkan semacam gapura, juga dermaga. Obyek yang bisa dikunjungi adalah rumah Banjar, Masjid Jami, makam Pangeran Antasari, Museum Wasaka, kuliner khas berupa soto Banjar," paparnya.

Selaras dengan wisata susur sungai, kapal wisata dari siring Tendean akan menuju kampung Sasirangan di Sungai Mesa. Baru kemudian ke Kampung Wisata Sungai Jingah yang lokasinya berseberangan, di sana ada puluhan rumah tradisional.

Lanjut ke Museum Wasaka, dekat Jembatan Banua Anyar. Akan ada atraksi budaya di dermaga Museum Wasaka. Di kawasan itu juga peserta bisa menyeberang untuk bersantap soto Banjar.

Penulis: Salmah
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved