Dalam 25 Menit, 102 Kendaraan Terobos Lampu Merah

Berdasarkan pengamatan Kompas.com pada pukul 11.00 WIB para pejalar itu duduk di sisi jalan sembari mencatat tujuh jenis pelanggaran lalu lintas

Dalam 25 Menit, 102 Kendaraan Terobos Lampu Merah
banjarmasinpost.co.id/kompas.com
Pelajar MTSN 1 Lhokseumawe sedang mencatat pelanggaran lalu lintas di Simpang Kantor Pos Lhokseumawe Selasa (27/10/2015) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, LHOKSEUMAWE - Sebanyak 29 pelajar MTsN 1 Lhokseumawe mencatat 102 kendaraan menerobos lampus merah dalam waktu 25 menit di simpang Kantor Pos Lhokseumawe, Selasa (27/10/2015).

Berdasarkan pengamatan Kompas.com pada pukul 11.00 WIB para pejalar itu duduk di sisi jalan sembari mencatat tujuh jenis pelanggaran lalu lintas di pusat kota tersebut.

Seorang guru membimbing mereka mencatat jenis-jenis pelanggaran aturan lalu lintas itu.

“Ini bagian dari praktik tentang dari materi menumbuhkan kesadaran dan keterikatan terhadap norma dan aturan lalu lintas. Tahap pertama kami membawa 29 pelajar, berikutnya akan kita ajak dalam jumlah lebih banyak lagi,” ujar Muhammad Hasim, salah seorang guru.

Dia mengatakan, kategori yang diamati yaitu pengendara dan pembonceng sepeda motor tidak mengenakan helm mencapai 181 kasus, penerobos lampu lalu lintas dengan 102 kasus, kebut-kebutan sebanyak 50 kasus, tidak memasang Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau nomo polisi sebanyak 45 kasus.

Kesalahan pengendara lainnya, sambung Hasim, pengendara memutar bukan pada bundaran sebanyak 40 kasus, sepeda motor tidak memasang kaca spion terdapat 27 kasus, pengendara menggunakan ponsel saat mengemudi terdapat 6 kasus.

Sementara cara memperoleh data, tiap empat siswa mencatat satu kasus yang sama. Masih kata Muhammad Hasim, hanya dalam 25 menit tersebut atau sekitar 11 kali lampu lalu lintas menyala, diperkirakan terdapat sekitar 15 persen pelanggaran lalu lintas.

“Sepeda motor adalah kendaraan yang paling banyak melanggar aturan lalu lintas,” pungkasnya.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved