Kabut Asap Bikin Pohon Tak Menghasilkan Buah ‎

Ini sudah membawa dampak buruk bagi tanaman para petani di Palangkaraya. Betapa tidak, akibat tidak kena sinar martahari selama hampir tiga bulan

Kabut Asap Bikin Pohon Tak Menghasilkan Buah  ‎
banjarmasinpost.co.id/faturahman
Pairin, saat berjualan syuran di perkantoran, dan banyak dibeli PNS di Dinas Pertanian Pemko Palangkaraya, Rabu (28/10/2015). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Selama musim kabut asap pekat dampak kebakaran hutan dan lahan, sehingga matahari pun tak mampu menembus kabut asap pekat, membuat cahaya matahari tak sempurna bisa tembus menyinari lahan pertanian di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

‎Ini sudah membawa dampak buruk bagi tanaman para petani di Palangkaraya. Betapa tidak, akibat tidak kena sinar martahari selama hampir tiga bulan lamanya, membuat tanaman sayuran tak lagi bisa menghasilkan buah.

Menurut Pairin, yang merupakan anggota Kelompok Tani, Margo Mulyo Palangkaraya,‎ Rabu (28/10/2015) mengatakan, tanaman cabe, tomat maupun timun miliknya tidak bisa dipanen, karena saat berbunga, dan tanaman masih kecil, langsung layu dan mati.

"Ini yang menyebabkan, kami merugi, kami sudah menanam hingga setengha hektare, tetapi pas kebetulan musim kemarau dan asap, menyebabkan matahari tak bisa tembus kepekatan kabut asap, akhirnya tanaman kami tidak kebagian cahaya matahari, dan kemudian buah cabe, tomat atau timun layu dan mati." katanya.

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved