BNPB Masih Simpan Rp 2 Triliun untuk Tangani Kabut Asap

"BNPB untuk penanganan sejak Januari 2015 sudah menghabiskan Rp 500 miliar," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menghabiskan dana sebesar Rp 500 miliar untuk menangani kabut asap pada tahun ini. Meski demikian, sisa anggaran siap pakai yang tersedia di internal BNPB masih dapat digunakan untuk penanganan jangka panjang.

"BNPB untuk penanganan sejak Januari 2015 sudah menghabiskan Rp 500 miliar," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, di Kantor BNPB, Jakarta Pusat, Jumat (30/10/2015).

Menurut Sutopo, anggaran tersebut digunakan untuk menyewa pesawat dan helikopter untuk melakukan pemadaman (water bombing). Selain itu, digunakan untuk operasional pesawat, membuat hujan buatan, aktivasi posko, dan pengerahan personel.

Sutopo mengatakan, dana tersebut merupakan anggaran yang siap pakai untuk bencana darrurat seluruh Indonesia, yang jumlahnya sebesar Rp 2,5 triliun. Sisa dana yang tersimpan diperkirakan cukup untuk menangani masalah kabut asap.

Setidaknya, dalam 3 bulan terakhir masalah kabut asap menjadi perhatian utama pemerintah. Selain BNPB, prajurit TNI juga dikerahkan untuk menangani kabut asap si Sumatera dan Kalimantan.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help