Ayo Siapa Mau Beli! Menu Makan Malam Terakhir Titanic Dilelang

Daftar menu itu akan dilelang dalam acara yang juga menawarkan sepasang plat nomor dari limosin yang membawa Presiden Amerika Serikat (AS)

Ayo Siapa Mau Beli! Menu Makan Malam Terakhir Titanic Dilelang
banjarmasinpost.co.id/titanicuniverse.com
Dokumen kapal Titanic sebelum arungi samudera dan tenggelam

BANJARMASINPOST.CO.ID, DALLAS - Menu dari makan malam terakhir yang disajikan kepada penumpang kelas satu kapal Titanic sebelum tenggelam pada 1912 menjadi salah satu artefak yang berhasil diselamatkan dari kapal nahas itu, dan dilelang pada Sabtu ini.

Daftar menu itu akan dilelang dalam acara yang juga menawarkan sepasang plat nomor dari limosin yang membawa Presiden Amerika Serikat (AS) John F Kennedy melalui pusat Kota Dallas ketika ia dibunuh pada 22 November 1963.

Tawaran pembukaan untuk plat nomor mobil itu adalah 40.000 dolar AS, sementara penawaran awal untuk menu makan malam Titanic mencapai 44.000 dolar AS pada Jumat kemarin, demikian Heritage Auctions yang berkantor di Dallas, seperti dikutip Reuters

Dalam daftar menu itu terlihat bahwa para penumpang kelas satu Titanic dapat memilih tiram, steak filet mignon, bebek panggang, burung dara dan makanan lezat lainnya, yang diakhiri dengan hidangan penutup seperti puding Waldorf atau buah persik dalam jeli warna warni.

Selain menu itu, peninggalan Titanic lainnya yang dijual antara lain adalah telegram yang baru-baru ini ditemukan yang dikirim oleh Western Union kepada perusahaan kepemilikan kapal di New York yang menginformasikan kepada para pejabat bahwa Titanic telah menabrak gunung es dan dalam kesulitan, kata rumah lelang itu.

"Tenggelam dengan cepat - segera datang membantu kami," demikian isi telegram itu.

Kapal mewah itu kandas di Samudera Atlantik setelah menabrak gunung es pada 15 April 1912 dalam pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris, ke New York. sekitar 1.500 orang kehilangan nyawa mereka.

Pejabat di White Star Line mengklaim dalam penyelidikan Kongres bahwa perusahaannya tidak pernah menerima pemberitahuan bahaya dari Titanic. Telegram itu dibuka dengan penawaran awal senilai 20.000 dolar AS, menurut balai lelang itu.

Kedua jenis barang itu "menjelaskan dua aspek cerita yang telah lama menjadi bagian dari pengetahuan tentang Titanic," kata Tom Slater, direktur Americana for Heritage Auctions.

Para petugas Heritage Auctions mengatakan tidak yakin apakah telegram itu versi asli yang disampaikan atau duplikat.

Seorang kolektor anonim memorabilia Titanic telah memiliki telegram itu selama sekitar 15 tahun, menurut pejabat Heritage.

Sementara itu, menu makan malam terakhir Titanic dijual oleh kolektor anonim.

Menu itu ditandatangani oleh lima pengusaha yang menulis alamat mereka pada menu saat berbagi meja makan pada 14 April 1912. Empat dari lima orang pengusaha itu selamat dari bencana tersebut, menurut rumah lelang tersebut.

Plat nomor dari limosin Kennedy dibuang ke tempat sampah di Cincinnati, Ohio, oleh perusahaan yang menerima kendaraan itu setelah pembunuhan tersebut. Ketika plat baru tiba, plat yang lama dibuang, demikian penjelasan rumah lelang itu.

Editor: Didik Trio
Sumber: Antara News
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help