Pementasan Bapandung di Taman Budaya Kalsel Dipenuhi Gelak Tawa

Di Kalimantan Selatan, bapandung ini sudah sangat jarang ditampilkan, bahkan bisa dikatakan anak mudanya sekarang sudah tak kenal lagi dengan teater

Pementasan Bapandung di Taman Budaya Kalsel Dipenuhi Gelak Tawa
banjarmasinpost.co.id/yayu
Parade Bapandung Kalimantan Selatan 2015 di Taman Budaya Kalimantan Selatan, Banjarmasin, pada Jumat (6/11/2015) dan Sabtu (7/11/2015). 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Selatan dan Ikatan Alumni Sanggar Bahana Antasari (Ikasba) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Parade Bapandung Kalimantan Selatan 2015 di Taman Budaya Kalimantan Selatan, Banjarmasin, pada Jumat (6/11/2015) dan Sabtu (7/11/2015).

Acara berlangsung hingga malam.

Peserta ada 24 orang yang merupakan perwakilan dari beberapa kabupaten di Kalimantan Selatan.

Di Kalimantan Selatan, bapandung ini sudah sangat jarang ditampilkan, bahkan bisa dikatakan anak mudanya sekarang sudah tak kenal lagi dengan teater tradisional ini.

Pementasan ditampilkan selama dua hari, melibatkan 24 orang peserta dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan. Suasana pementasan tampak ramai.

Penampilan masing-masing peserta mampu mengundang tawa penonton, sebab kisah dan lakon yang disajikan bernuansa komedi namun tetap ada pesan moralnya.

Untuk kali ini, panitia menetapkan tema tentang pemuda dan kepahlawanan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan.

Seorang penonton, Hym, tampak sering terbahak-bahak menyaksikan bapandung ini. Banyak adegan atau kata-kata pelakonnya yang mengundang gelak tawanya.

Dia mengaku antusias menonton ini karena jenis teater rakyat Banjar tersebut sudah sangat langka.

"Saya orang teater, sering memainkan teater tradisi Banjar, namun kalau bapandung belum pernah. Pernah menonton videonya saja dikasih teman, tetapi kalau menonton langsung baru kali ini," jelas pemuda yang aktif di kelompok seni Kampoeng Seni Budaya Universitas Lambung Mangkurat ini.

Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved