Jangan Minder Punya Bau Badan, Risiko Terkena Kanker Jauh Lebih Kecil

Mulai dari menggigit kuku hingga mengetuk-ngetuk meja, sejak dulu selalu dianggap sebagai kebiasaan buruk.

Jangan Minder Punya Bau Badan, Risiko Terkena Kanker Jauh Lebih Kecil
shutterstock
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Mulai dari menggigit kuku hingga mengetuk-ngetuk meja, sejak dulu selalu dianggap sebagai kebiasaan buruk. Tapi, baru-baru ini penelitian menunjukkan, beberapa kebiasaan buruk yang mengganggu tersebut tak disangka justru memberi manfaat kesehatan. Berikut beberapa kebiasaan yang dicap buruk tetapi bermanfaat:

Bicara asal

Keele University mengungkap, bahwa berjanji atau bersumpah pada saat terluka, menjadi senjata ampuh untuk mengurangi rasa sakit.

Dr. Richard Stephens, pemimpin penelitian ini manyatakan, dalam penelitiannya, relawan yang sering berbicara asal atau bersumpah, bisa menahan rasa sakit hingga 50% lebih lama. Ini terjadi karena ketika bersumpah, tubuh melepaskan zat penghilang rasa sakit (endorphin).

Tidak membersihkan tempat tidur

Tahukah Anda bahwa ada 1,5juta tungau debu bersarang ditempat tidur? Tungau debu adalah hewan mikro yang memakan kulit mati manusia.

Kasur, selimut, dan bantal menjadi tempat berkumpulnya sel kulit dan tempat berkembang biak tungai debu karena lingkungannya yang lembab.

Tungau debu menjadi pemicu utama munculnya penyakit asma dan alergi. Seorang ahli dari Kingston University, Dr. Stephen Pretlove mengatakan, tidak merapikan tempat tidur pada siang hari akan menghilangkan kelembaban pada seprai dan kasur, sehingga tungau debu akan mati.

Bergosip

Penelitian dari Stanford University mengungkapkan, bahwa bergosip bisa meningkatkan kekompakan dalam sebuah kelompok.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help