Liga Spanyol

Saat El Real-Barca Berduel, Kehidupan di Spanyol Seperti Mati

Pertandingan sepak bola apa yang paling panas di Eropa? Tak sulit untuk menjawab el clasico di Spanyol

Saat El Real-Barca Berduel, Kehidupan di Spanyol Seperti Mati
tribunnews.com
el classico 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tidak ada kehidupan di Spanyol saat laga el clasico dimainkan. Seperti itulah penggambaran betapa tinggi tensi duel antara Real Madrid dan FC Barcelona.

Pertandingan sepak bola apa yang paling panas di Eropa? Tak sulit untuk menjawab el clasico di Spanyol.

Kehidupan di Negeri Matador itu seolah berhenti untuk menikmati (menanti) seperti apa drama yang disajikan di lapangan.

Walau berebut si kulit bundar dan berusaha memasukkannya ke gawang lawan, pertandingan antara Real Madrid dan FC Barcelona tidak dapat disebut hanya tentang sepak bola.

Catatan duel kedua tim raksasa tersebut tak lepas dari sejarah negeri Spanyol. Ada kebencian berbau unsur kemanusiaan yang tak kunjung luntur mengiringi pertemuan di lapangan hijau.

Selain persaingan gelar juara, domestik dan internasional, sejumlah aspek kehidupan juga dibenturkan setiap kedua tim bertemu. Jangan lupa melihat el clasico dari sisi ekonomi.

Saat ini, nilai seluruh anggota skuat Real Madrid bernilai 718,8 juta euro (sekitar 10,6 triliun rupiah). Di peringka kedua daftar nilai klub La Liga, Barcelona berharga 657,5 juta euro (Rp 9,7 triliun).

Di Inggris, dengan memakai mata uang euro, Chelsea berada di urutan teratas sebagai skuat termahal Premier League. Pasukan Jose Mourinho bernilai 542,5 juta euro, disusul Manchester City (514,5 juta) dan Arsenal (402 juta).

Pasukan Juventus di Italia saat ini bernilai 377, 8 juta euro, hampir setengah dari harga pemain Real Madrid.

Persaingan antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam memburu titel pesepak bola terbaik di muka bumi juga menjadi bumbu penyedap el clasico dalam beberapa tahun terakhir.

Halaman
123
Editor: Ernawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved