Puspa, Bayi Orangutan yang Diselundupkan ke Kuwait Masih Jadi Penghuni Taman Safari

Saat ini, satwa dilindungi dan dipastikan berasal dari Kalimantan masih menjalani karantina di Taman Safari Indonesia Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Puspa, Bayi Orangutan yang Diselundupkan ke Kuwait Masih Jadi Penghuni Taman Safari
Istimewa
Puspa, bayi orangutan yang masih dirawat di Taman Safari Cisarua, Jawa Barat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Satu lagi bayi orangutan yang diselundupkan ke Kuwait berhasil dikembalikan ke Indonesia, setelah pihak Bandar Udara International di negara itu berhasil menggagalkan penyelundupan 2 individu orangutan dari rute penerbangan Jakarta – Kuwait.

Saat ini, satwa dilindungi dan dipastikan berasal dari Kalimantan masih menjalani karantina di Taman Safari Indonesia Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

"Bayi orangutan yang diberi nama Puspa dipulangkan menggunakan penerbangan Kuwait Airways KU415 dan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada 23 Nopember 2015 pukul 15.40 waktu setempat," ujar Hunas Yayasan Borneo Orangutan Survival Nyaru Menteng Agung Monterado Fridman, Rabu (25/11/2015).

Sebelumnya pada 23 September, satu orangutan berusia 2 tahun yang diberi nama Moza telah lebih dahulu berhasil dipulangkan ke tanah air oleh Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Ditjen KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan KBRI Kuwait.

Dalam upaya repatriasi Puspa ini, Yayasan BOS membantu pemerintah dalam hal penyediaan dana untuk mengirimkan kembali orangutan tersebut berikut seperangkat panduan protokol terinci (SOP) yang perlu dijalankan untuk melindungi keamanan dan kesejahteraan orangutan selama perjalanan dari Kuwait ke Indonesia.

Selain itu, yayasan ini juga menyediakan seorang dokter hewan berpengalaman yang mendampingi kepulangan bayi orangutan tersebut.

Dari hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter hewan, orangutan betina mungil ini dalam kondisi sehat, setelah melalui perjalanan panjang selama kurang lebih 10 jam di dalam pesawat.

Dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Puspa langsung dibawa ke instalasi Karantina Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, dikawal oleh tim gabungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan dari Yayasan BOS. Begitu tiba di tempat, Puspa langsung menjalani karantina.

"Soal kepada siapa nanti orangutan itu diserahkan untuk pemeliharaannya, tergantug pemerintah. Dalam hal ini, asal dari orangutan itu juga harus diteliti dari gennya," kata Agung.

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help