Media Sosial Bikin Stres? Psikiatri Ini Sarankan Minum Teh Herbal

Yap, memang media sosial menyenangkan. Tapi kamu harus hati-hati. Pasalnya, media sosial merupakan “racun” yang melemahkan

Media Sosial Bikin Stres? Psikiatri Ini Sarankan Minum Teh Herbal
hai online
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Media sosial awalnya hadir sebagai hiburan pendukung dari perkembangan smartphone di dunia. Tapi seiring waktu, fungsi media sosial yang awalnya sebagai alternatif untuk berkomunikasi dengan teman-teman lama, sekarang menjadi platform utama aktivitas keseharian sebagian besar orang-orang modern. Stres gara-gara media sosial pun rentan terjadi.

Yap, memang media sosial menyenangkan. Tapi kamu harus hati-hati. Pasalnya, media sosial merupakan “racun” yang melemahkan kebahagiaan kamu dan mengubahnya menjadi stres berkepanjangan.

Menurut seorang psikiatri, Dr Anjali Chhabria, ketergantungan orang terhadap media sosial mempengaruhi kadar stres mereka. Terlalu terlibat dan aktif di media sosial, kata Dr Chhabria, bisa mengundang pikiran yang resah, labil, dan emosi yang nggak seimbang.

“Semakin banyak teman kamu di media sosial, maka rasa penasaran dan kompetisi terhadap kehidupan mereka semakin tinggi,” urai Dr Chhabria.

Alasan tersebut bisa dibilang masuk akal. Sebab, dewasa ini, banyak orang menggunakan media sosial bukan lagi untuk komunikasi, tapi untuk memamerkan pencapaian dan kebahagiaan semu di dunia maya.

“Bukan hanya stres, banyak orang nggak menyadari bahwa media sosial juga menyebabkan mereka sulit tidur di malam hari. Tubuh yang kurang tidur rentan stres,” terangnya.

Dr Chhabari menganjurkan tiga langkah untuk mencegah stres gara-gara sering menghabiskan waktu di media sosial.

Ini dia langkah-langkahnya

Hidup aktif secara nyata
Berolahraga dan banyak melakukan aktivitas di luar ruangan menstimulasi produksi hormon bahagia. Sehingga, tubuh pun terasa lebih rileks dan stres tak mudah datang.

Memang olahraga nggak bisa menghilangkan stres dalam waktu sekejap. Namun, ampuh dalam mengubah cara ketergantungan dan bagaimana kamu menyikapi kehidupan secara nyata.

Rajin mengkonsumi teh herbal
Banyak jenis teh herbal yang bisa menenangkan pikiran yang sedang tegang. Seduhlah teh chamomile, ginseng, atau teh hijau untuk membuat pikiran terasa lebih damai.

Jangan pelit ucapan “Terima Kasih”
Sering mengucapkan “Terima Kasih” tanpa kamu sadari akan menyeimbangkan hidup kamu setiap hari. Fokuskan pikiran pada hal-hal positif ketimbang menciptakan kompetisi gaya hidup di media sosial.

Editor: Edinayanti
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help