Penduduk Jepang Panjang Umur? Ini Rahasianya

Usia orang-orang kini semakin panjang. Kita juga dengan optimis melihat diri kita masih hidup dan produktif sampai berusia 60-an.

Penduduk Jepang Panjang Umur? Ini Rahasianya
shutterstock
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Usia orang-orang kini semakin panjang. Kita juga dengan optimis melihat diri kita masih hidup dan produktif sampai berusia 60-an.

Negara dengan jumlah penduduk paling panjang umur, diukur sesuai usia harapan hidup hingga 60 tahun, adalah Jepang.

Di urutan kedua adalah negara-negara yang berada di kawasan Mediterania dan Asia Timur, serta negara-negara dengan ekonomi yang kuat dan sistem kesehatan yang baik.

Faktor yang memengaruhi usia harapan hidup sampai 60 tahun lebih fokus pada gaya hidup dan lingkungan selama menjalani usia tua. Tim redaksi CNN menanyakan pada pakar penuaan mengapa orang-orang di negara berikut ini bisa panjang umur.

Nilai-nilai Jepang
Orang Jepang yang mencapai usia 60 tahun akan hidup hingga usia rata-rata 86, lebih lama dibanding tempat-tempat lain di dunia.

Lebih dari seperempat populasi penduduk negara tersebut sekarang berusia 64 tahun dan masyarakat dari Okinawa memiliki populasi centerian (orang yang bisa hidup hingga usia 100 lebih) terbesar dibanding tempat manapun di seluruh dunia.

"Salah satu faktornya adalah pola makan tradisional Jepang," kata John Beard, direktur Aging and Life-course di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pola makan tersebut meliputi banyak ikan segar dan sayuran, digabungkan dengan sedikit daging dan lemak jenuh.

"Tapi diet tradisional telah berubah," kata Beard, yang berspekulasi bahwa ada yang lebih dari sekedar makanan.

“Bagian lainnya adalah gaya hidup, mereka juga mempunyai sistem kesehatan yang bisa mengidentifikasi dan mengobati masalah-masalah orang berumur seperti tekanan darah tinggi," kata Beard.

Halaman
1234
Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved