Pilkada Serentak Kalsel

Real Count Pilkada Kalsel Sudah 99%, Inilah Posisi Muhidin dan Sahbirin

Samahudin Muharram, mengatakan hasil final tetap berdasar Rapat Pleno KPU Kalsel yang bakan digelar besok di Hotel Aria Barito Banjarmasin.

Real Count Pilkada Kalsel Sudah 99%, Inilah Posisi Muhidin dan Sahbirin
banjarmasinpost.co.id/rahmadhani
Samahudin Muharram, Ketua KPU Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ketua KPU Kalsel Samahudin Muharam enggan berkomentar banyak terkait hasil real count KPU RI yang sudah 99 persen dan 'memenangkan' pasangan calon gubernur nomor urut 2 H Sahbirin Noor-H Rudy Resnawan.

Ditemui di Kantor KPU Kalsel, Samahudin Muharram, mengatakan hasil final tetap berdasar Rapat Pleno KPU Kalsel yang bakan digelar besok di Hotel Aria Barito Banjarmasin.

Dia mengatakan, perhitungan real count adalah kewenangan KPU RI. Apakah hasilnya akan sama dengan dengan hasil pleno nantinya, Samahudin mengatakan dirinya enggan berandai-andai.

"Real count kan hasil scan form C1 yang dikirim langsung dari daerah ke website KPU RI. Itu kan belum final dan hanya jadi bahan kontrol untuk rekan lakukan perhitungan. Kita tidak mau mendahului (hasil pleno). Tunggulah hasil pleno, itu yang resmi," katanya Jumat (18/12/2015) siang kepada BPost Online.

Namun dia menjelaskan, Pleno akan membahas hasil rekapitulasi masing-masing KPU kabupaten/kota dalam bentuk form dari DB1 yang dasarnya juga berdasar pada formulir C1 di tingkat TPS.

"Kalau sudah ada yang selamatan, ya urusan merekalah," kata dia.

Sementara itu, hingga saat ini tinggal dua kabupaten yang belum menyerahkan hasil rekapitulasi surat suara Pemilu Gubernur Kalsel 2015 ke KPU Kalsel, yakni Kabupaten Tabalong dan Kotabaru.

"Paling lambat malam inilah semua masuk. Yang jelas kita sudah siap 100 persen untuk pleno besok," katanya.

Berdasarkan real count Pilkada Kalsel yang ditayangkan secara online KPU di https://pilkada2015.go.id, Jumat (18/12/2015), pukul 10.30 Wita, posisi perhitungan suara sudah mencapai 99,07 persen. Suara yang belum masuk sisa 0,93 persen.

Dibandingkan posisi suara real count KPU, sehari sebelumnya, Kamis (17/12/2015) perolehan suara pasangan Sahbirin-Rudi bertambah sebanyak 420 suara, sedangkan pasangan Muhidin-Gusti Farid hanya mengantongi 64 suara.

Saat ini, perolehan suara pasangan nomor urut 2 H Sahbirin-Rudy Resnawan sebesar 731.643 suara (41,07%), sedangkan pasangan nomor urut 3 H Muhidin-Gusti Farid Hasan Aman sebesar 719.938 suara (40,41%). Pasangan nomor urut 1, Zairullah Azhar- M Sapi’i sebesar 330.070 suara (18,53%)

Penulis: Rahmadhani
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved