Home »

Bisnis

» Makro

Zhou Qunfei, Anak Miskin Putus Sekolah, dari Buruh Menjadi Miliarder

Zhou Qunfei terlahir dari keluarga yang miskin.

Zhou Qunfei, Anak Miskin Putus Sekolah, dari Buruh Menjadi Miliarder
www.afr.com
Zhou Qunfei

BANJARMASINPOST.CO.ID - Zhou Qunfei terlahir dari keluarga yang miskin. Kala usia 15 tahun, dirinya memutuskan untuk keluar dari sekolah karena ketiadaan biaya.

Namun kerja keras, telah merubah jalan hidup wanita yang lahir 45 tahun silam tersebut. Berdasarkan catatan Forbes, Zhou kini adalah pemilik kekayaan senilai 7,3 miliar dolar AS atau sekitar Rp 102,2 triliun (kurs RP 14.000 per dolar AS).

Zhou Qunfei adalah pendiri Lens Technology, perusahaan pembuat layar sentuh (touchscreen) bagi industri ponsel pintar (smartphone). Sejumlah klien Lens Technology diantaranya Apple, Samsung, dan Huawei.

Forbes mencatat, hingga Desember 2015 kekayaan bersih ibu dari dua anak, yang kini berusia 45 tahun itu mencapai 7,3 miliar dollar AS.

Kerja keras, mengangkat derajat Zhou yang terlahir dari keluarga miskin di daerah Xiangxiang, Provinsi Hunan, China. Karena kebutuhan ekonomi, pada umur 15 tahun, Zhou keluar dari sekolah menengah untuk kemudian bekerja di salah satu pabrik di Shenzen, Provinsi Guangdong.

Di Shenzen, Zhou memilih bekerja di perusahaan yang dekat dengan Universitas Shenzhen. Di sana, Zhou mengambil kursus pendek di sebuah universitas, ketika rutinitas bekerja usai. Zhou mengambil kursus akuntansi, komputer dan manufaktur.

Zhou yang bekerja di pabrik pembuat aksesoris jam tangan, lantas memilih keluar dari pekerjaan untuk membangun usaha sendiri setelah merasa cukup memiliki modal dan pengetahuan.

Hal itu dilakukan Zhou kala berusia 23 tahun, atau tepatnya pada tahun 1993. Zhou mengambil keputusan ini setelah mendengarkan masukan dari sepupunya.

Saat memulai usaha, Zhou menggunakan uang tabungannya sebanyak 20.000 dollar Hongkong atau setara 2.580 dollar AS. Bersama kakak, adik dan dua sepupunya, Zhou memulai bisnis pembuatan kaca untuk jam tangan, berbekal pengetahuannya selama bekerja di pabrik aksesoris jam.

Dalam perkembangannya, bisnis Zhou kian berkembang. Hingga pada tahun 2001 atau delapan tahun selang pendirian perusahaan, Zhou memenangkan kontrak berharga untuk membuat layar handphone bagi produsen elektronik China yaitu TCL Corporation.

Setelah dipercaya sebagai produsen pembuat layar handphone, pada 2003, Zhou bersama sang suami mendirikan perusahaan Lens Technology, yaitu produsen pembuat layar gadget.

Editor: Ernawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help