Mata Harimau, Penis Buaya, Menu Makan Malam di Malaysia, Ini Harganya

Negara yang sejak lama dikatakan sebagai tempat transit paling strategis untuk menyelundupkan satwa liar dan produk-produk satwa liar untuk ke negara

Mata Harimau, Penis Buaya, Menu Makan Malam di Malaysia, Ini Harganya
JEFRI TARIGAN, AP/nationalgeographic.com
Pihak berwajib mendapati daging trenggiling ini sebelum tiba di tempat tujuannya,Malaysia. Bukti terbaru mengatakan bahwa daging ini akan dikirim ke restoran makanan eksotis. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Negara yang sejak lama dikatakan sebagai tempat transit paling strategis untuk menyelundupkan satwa liar dan produk-produk satwa liar untuk ke negara asia lainnya.

Tetapi bukti terbaru dari TRAFFIC, organisasi pemantauan satwa liar, mengatakan bahwa di Malaysia menawarkan produk-produk satwa liar, dalam hal ini sebagai makanan eksotis.

Menurut Kanitha Krishnasamy, Manajer dari TRAFFIC di Asia Tenggara, sudah menangani para distributor obat-obat tradisional dan sovenir seperti figura dan gelang dari satwa liar.

“Produk-produk ini didapatkan dari pedagang satwa liar atau dari penyelundup yang sedang berlabuh di sepanjang pantai wilayah Malaysia. Para penyelundup mengubah modus operandi mereka,” kata Kanitha Krishnasamy.

“Dengan menggunakan yang canggih dalam penyembunyiannya membuat kami semakin merasa ditantang untuk menyelidikinya lebih lanjut. Baik itu produk dari satwa liar atau bahkan satwa liar yang disembunyikan. Setiap peti, kaleng atau karung yang ditandai sebagai tekstil atau kedelai, tetap kami selidiki,” lanjut dia.

Abdul Kadir Abu Hashim, Direktur penegak hukum dari Perlindungan satwa liar dan taman nasional Malaysia, mengatakan kepada News Straits Times bahwa Malaysia hanya mengizinkan restoran dengan perizinan yang sah untuk menjual daging dari hewan-hewan yang dilindungi.

Tetapi masih banyak restoran yang menjual daging ilegal yang dibawa oleh para penyelundup.

"Produk tersebut hanya dijual kepada distributor yang sudah dikenal oleh para penyelundup, dengan meberitakannya dari mulut ke mulut, melalui media sosial yang kemudian diberitahukan kepada pelanggan tentang makanan eksotis ini,” kata Kadir

Beberapa hewan liar yang dijadikan sebagai Menu Makanan Malaysia ialah: Sun bear, leaf monkey, clouded leopard, serow (kambing- dan kujang bertanduk), dan kadal.

Cangkak kura-lembut kura raksasa asia, dan yang membahayakannya lagi, menu ini sangat popular.

Halaman
12
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help