Ingin Selamat Saat Berkendara di Jalan Raya, Ikuti Tips Ini

Mengendarai sepeda motor di jalan raya bukan kegiatan yang bisa dianggap remeh atau main –main. Jika salah bertindak, potensi untuk kehilangan nyawa

Ingin Selamat Saat Berkendara di Jalan Raya, Ikuti Tips Ini
hai online
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Mengendarai sepeda motor di jalan raya bukan kegiatan yang bisa dianggap remeh atau main –main. Jika salah bertindak, potensi untuk kehilangan nyawa lebih besar dibanding dengan pengendara mobil.

Tidak seperti mengemudikan mobil, sepeda motor melibatkan lebih banyak komponen yang wajib diperhatikan. Ini dimaksudkan untuk melindungi diri, juga orang lain dari kecelakaan. Namun, selain faktor internal penyebab kecelakaan yang melibatkan biker juga bsia disebabkan faktor eksternal, seperti biker lain atau pengendara mobil yang ceroboh.

Maka dari itu, konsentrasi ketika mengendarai sepeda motor sangat penting. Seperti yang ditulis dalam laman Motorcycle.com, sekurangnya ada lima hal yang harus diperhatikan pengemudi sepeda motor ketika berkendara di jalan raya.

Perlengkapan Keselamatan.

Hampir dua per tiga penduduk Amerika Serikat tidak menggunakan helm saat menggunakan sepeda motor. Kemudian beberapa dari mereka juga menggunakan perlengkapan keselamatan sepeda motor yang belum disertifikasi (kalau di Indonesia SNI).

Namun hal tersebut tidak hanya di AS, tapi juga sangat banyak dilihat di jalan-jalan raya Indonesia, pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm. Jadi bukan ide yang baik untuk tidak menggunakan perlengkapan keselamatan dari kepala sampai ujung kaki saat menunggangi sepeda motor di jalan.

Di Indonesia sendiri, ada sanksi yang akan diberikan ketika tidak menggunakan alat keselamatan, khususnya helm. Perlengkapan wajib pakai diantaranya helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu.

Pengendara

Sikap baik pengendara sangat dibutuhkan. Tidak hanya harus terampil mengendarai sepeda motor, tapi juga harus paham etika berkendara serta aturan-aturan yang berlaku.

Pasalnya, si pengemudi harus sadar betul dirinya tidak hanya bertanggung jawab atas dirinya tapi juga orang lain. Jadi jangan sembarangan mengemudikan sepeda motor. Siapapun bisa membeli sepeda motor dengan uang, namun untuk bisa kompeten mengendarainya butuh sesuatu yang lebih dari sekedar uang.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved