Pelayanan BPJS Mengecewakan

Pelayanan BPJS sangat mengecewakan pada RS TK.III DR R Soeharsono (TPT) Banjarmasin. Pada hari Minggu, 27 Desember 2015 yang lalu,

Pelayanan BPJS Mengecewakan
banjarmasinpost.co.id/istimewa
LAYANAN BPJS - Petugas kantor BPJS sedang memberikan layanan kepada salah seorang pesertanya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pelayanan BPJS sangat mengecewakan pada RS TK.III DR R Soeharsono (TPT) Banjarmasin. Pada hari Minggu, 27 Desember 2015 yang lalu, istri melahirkan tetapi sangat disayangkan pelayanan yang diberikan sangat mengecewakan, terutama bagi peserta BPJS? Kita sebagai peserta seharusnya Faskes kelas I ditempatkan di kelas II dengan alasan klasik, penuh ruangan dan justru diarahkan ruangan VIP dengan catatan membayar uang Rp 2 juta. Yang membuat kami terkejut ketika mau pulang harus membayar ruangan dan alat kelengkapan persalinan oleh bagian ruang Hesti. Mohon penjelasannya. 082251717171

TANGGAPAN:
PEMBACA Banjarmasin Post Yth. Terima kasih atas informasi dan keluhan yang disampaikan. Dalam rangka implementasi UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial diperlukan dukungan semua pihak, di antaranya kesiapan infrastuktur fasilitas kesehatan yang mana keberadaannya tidak dapat dilakukan oleh BPJS Kesehatan.

Dengan semakin mudahnya akses masyarakat pengguna fasilitas kesehatan di era JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), maka terkadang timbul kesenjangan antara ketersediaan fasilitas kesehatan dengan masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan.

Dalam Permenkes Nomor 28 tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional dimana pada saat persediaan ruang pelayanan kesehatan sesuai hak peserta penuh dijelaskan:

1. Dalam hal ruang rawat inap yang menjadi hak peserta penuh, peserta dapat dirawat di kelas perawatan satu tingkat lebih tinggi paling lama 3 (tiga) hari (maksimal kelas 1). Selanjutnya dikemba­likan ke ruang perawatan yang menjadi haknya. Bila masih be­lum ada ruangan sesuai haknya, maka peserta ditawarkan untuk dirujuk ke fasilitas kesehatan lain yang setara atau selisih biaya tersebut menjadi tanggung jawab fasilitas kesehatan yang bersangkutan.

2. Apabila kelas sesuai hak peserta penuh dan kelas satu tingkat di atasnya penuh, peserta dapat dirawat di kelas satu tingkat lebih rendah paling lama 3 (tiga) hari dan kemudian dikembalikan ke kelas perawatan sesuai dengan haknya.

3. Bila semua kelas perawatan di rumah sakit tersebut penuh maka rumah sakit dapat menawarkan untuk dirujuk ke fasilitas kesehatan yang setara dengan difasilitasi oleh FKRTL yang merujuk dan berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan.

4. Jika naik ke kelas perawatan VIP, maka diberlakukan urun biaya sebesar selisih tarif VIP lokal dengan tarif INA-CBGs kelas perawatan yang menjadi haknya. Demikian terima kasih.

dr Nyoman Wiwiek Yuliadewi AAK
Kepala Cabang BPJS Kesehatan Banjarmasin

Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved