BPost Edisi Cetak

Mau Parkir Lebih Tertib? Ini Analisa Pakar

Soal kebijakan parkir, harus dilakukan evaluasi dari waktu ke waktu. Pasalnya, kebijakan baru akan bermakna jika sesuai kondisi yang sebenarnya

Mau Parkir Lebih Tertib? Ini Analisa Pakar
banjarmasinpost.co.id/dok
Baca BPost cetak edisi, Kamis (14/1/2016). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - MENGANALISIS permasalahan parkir di Kota Banjarmasin, Kalsel ada dua hal yang harus dipisahkan. Yakni, kebijakan dan penindakan.

Soal kebijakan parkir, harus dilakukan evaluasi dari waktu ke waktu. Pasalnya, kebijakan baru akan bermakna jika sesuai kondisi yang sebenarnya. Misalnya, didasarkan penghitungan jumlah kendaraan dan luasan lahan parkir yang diperlukan. Dengan itu, maka kebijakannya tidak akan memberikan masalah tambahan seperti kemacetan gara-gara area parkir.

Bukan hanya lokal per lokal, area titik-titik parkir pun sebelum ditetapkan melalui Perda, juga harus dianalisis. Dengan itu, maka permasalahan seperti tempat dan waktu untuk parkir, tidak akan mengganggu arus lalu lintas.

Bagaimana jika kebijakan yang ada saat ini tidak efektif? Kalau itu yang terjadi, harus dilakukan evaluasi. Perlu ditinjau ulang. Jika evaluasi sudah dilakukan namun nyatanya kesemerawutan masih terjadi, ini perlu dicurigai, ada apa? Ranahnya berarti bukan lagi kebijakan tapi pada penerapan atau pelaksanaannya.

News Analysis, HADIN MUHJAD, Pengamat Hukum Unlam

Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi cetak Kamis (14/1/2016) atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

Baca juga Metro Banjar edisi cetak Kamis (14/1/2016)


Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help