NEWSVIDEO

Uniknya Alat Musik ‘Tartar‘ Gabungan Gitar dan Tarbang Ini Saat Dimainkan

Biasanya satu alat musik hanya bisa digunakan untuk satu orang, bedanya alat musik 'Tartar' ini dimainkan oleh dua orang dalam satu alat.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebuah alat musik tradisional yang baru dibuat gabungan dari gitar dan tarbang (alat musik rebana) ada di Taman Budaya Kalsel, Jalan H Hasan Basry Kayutangi, Kota Banjarmasin.

Alat musik tersebut dimainkan dua orang, satu pemetik gitar, satu penabuh tarbang, suaranya pun cukup unik.

Dikutip dari Akun Facebook Ade Hidayat, dia menemukan alat musik yang sedikit asing di matanya itu, secara tak sengaja saat berkunjung ke Taman Budaay Kalsel. Menurut dia, kesannya lebih ke alat musik panting. Namun, jika dilihat lebih teliti, alat itu menggabungkan dua jenis alat musik, yaitu gitar dan tarbang.

Biasanya satu alat musik hanya bisa digunakan untuk satu orang, bedanya alat ini dimainkan oleh dua orang dalam satu alat. namun ketika dimainkan oleh yang empunya, justru bunyinya terkesan seperti Banjo.

Julak A.K.A Mukhlis Maman pembuat alat musik itu mengatakan alat musik ini hanya modifikasi dua alat yangg berbeda dijadikan satu. Alasannya cukup sederhana, ketika alat ini diciptakan hanya bentuk dari hasil karya experimen dari barang bekas yg terdiri atas gitar dan Tarbang.

Saat ditanya nama alatnya, Julak ternyata tidak tahu juga namanya. "Nah kada tahu jua apa namanya" jawab julak dgn nada kebingungan.

Mungkin karena alat ini memang baru saja dibuat, belum kepikiran utk memberikan nama yang pas. Namun dari obrolan di meja warung, kata Ade Hidayat, kawan-kawan lebih sepakat menyebutnya Tartar karna terdiri dari Tarbang dan giTar.

“Apapun bentuk alatnya menurut saya pribadi seni tetap seni. Tak ada batas dalam mencipta dan berkarya,” ujar Ade dalam akun Fbnya.

Penulis: Elpianur Achmad
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved