Di Mana Bagian Depan Bus Ini?

Teka-teki yang diperuntukkan bagi anak-anak itu, malah sempat membuat bingung orangtua yang melihatnya.

Di Mana Bagian Depan Bus Ini?
National Geographic
Teka-teki bus. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Nasional Geographic telah merilis satu teka-teki berupa gambar sebuah bus, dan menanyakan di mana bagian bus tersebut.

Teka-teki yang diperuntukkan bagi anak-anak itu, malah sempat membuat bingung orangtua yang melihatnya.

Seperti dirilis The Sun, meski sempat membuat bingung para orangtua, sebenarnya teka-teki itu biasa digunakan yang menguji kemampuan logika anak-anak sekolah, dan mayoritas dari mereka mampu mengatasinya secara mudah.

Tapi, tulis The Sun, hal yang sama sekali berbeda terjadi pada orang dewasa, karena mereka melakukan banyak tindakan untuk mengidentifikasi ke arah mana bus bepergian.

Teka-teki yang diciptakan oleh National Geographic itu, menunjukkan gambar sebuah bus kuning dengan jendela yang identik, sehingga sulit untuk menentukan mana bagian depan atau belakang.

Dalam rangka untuk memecahkan teka-teki rumit, peserta harus membayangkan di mana letak pintu bagi penumpang.

Bagi orang yang biasa menyetir di sebelah kanan, bagi depan bus berada di bagian kanan. Hal itu karena mereka terbiasa berkendara di sisi kiri jalan.

Namun, bagi warga yang biasa menyetir di sebelar kiri, seperti di Amerika Serikat, akan menyatakan kalau bagian depan bus ada di sebelah kiri.

Teka-teki tersebut sebelumnya telah populer dalam sebuah episode dari serial TV Brain Games National Geographic, dan 80 persen anak-anak di bawah usai 10 mampu memberikan jawabannya.

Meskipun telah menjadi teka-teki lama, namun saat gambar itu diunggah kembali ke media sosial, banyak orang dewasa yang mengaku kesulitan untuk menebak di mana bagian depan bus tersebut.

Menurut The Sun, mudahnya anak-anak memberikan jawaban, karena mereka memang lebih baik dalam menggunakan isyarat visual dan pengalaman, sehingga bisa segera menafsirkan gambar dan situasi yang mereka lihat.

Penelitian dari University College London dan Birkbeck, London University, mengungkapkan anak-anak di bawah 12 tahun memandang informasi visual yang berbeda dari orang dewasa.

Orang dewasa disebutkan sering menggunakan berbagai macam informasi visual dan isyarat sensorik untuk membentuk penilaian, sementara anak-anak lebih menggunakan isyarat visual pertama yang mereka tangkap.

Penulis: Yamani Ramlan
Editor: Yamani Ramlan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved