Maksiat Ini Dosanya Mengalir Hingga Hari Kiamat

Amal jariyah yang dilakukan manusia, dijanjikan Allah SWT dengan balasan pahala terus mengalir tanpa putus selama di dunia sampai dia meninggal dunia

Maksiat Ini Dosanya Mengalir Hingga Hari Kiamat
net
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Amal jariyah yang dilakukan manusia, dijanjikan Allah SWT dengan balasan pahala terus mengalir tanpa putus selama di dunia sampai dia meninggal dunia hingga hari kiamat.

Amal jariyah adalah antara lain perbuatan seseorang yang bersedekah ilmu yang bermanfaat bagi orang lain, maka selama ilmu memberikan manfaat selama itu pula pahala terus mengakuir tanpa putus walau si pemberi sudah meninggal dunia.

Selain ada amal jariyah ternyata juga dosa jariyah di mana ganjaran dosa yang harus ditanggung pelakunya sejak di dunia hingga dia meninggal sampai hari kiamat.

“Dosa itu adalah maksiat atau perbuatan munkar dimana sebelumnya tidak pernah terjadi. Nah yang memulai melakukan maksiat ini akan menanggung dosa baik akibat perbuatannya maupun ikut menanggung dosa penerusnya yang juga melakukan maksiat tersebut,” ujar Ustadz Riza Rahman Lc dalam dialog kajian Alquran dan Sunnah Rasul di Masjid Al Jihad Banjarmasin bada Salat Magrib.

Misalnya, menurut dia, siapa yang pertama kali menemukan atau melakukan tindak korupsi, maka dia akan terus mendapat aliran dosa dari pelaku-pelaku berikutnya walaupun dia sudah meninggal dunia hingga hari kiamat.

“Selama dalam hidupnya dia tidak pernah bertaubat atas maksiat yang dilakukannya. Tetapi bila dia sudah bertobat maka dia hanya menanggung dosanya dan terputus dengan dosa-dosa pelaku berikutnya,” ujar Ustadz Riza Rahman Lc.

Penulis: Umi Sriwahyuni
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help