Ternyata Kaki Memiliki Kemampuan untuk Mendeteksi Masalah Kesehatan

Dari seluruh bagian tubuh, kaki mungkin menjadi bagian yang paling diremehkan ketika berbicara masalah kesehatan.

Ternyata Kaki Memiliki Kemampuan untuk Mendeteksi Masalah Kesehatan
theactivetimes.com
Dari seluruh bagian tubuh, kaki mungkin menjadi bagian yang paling diremehkan ketika berbicara masalah kesehatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Dari seluruh bagian tubuh, kaki mungkin menjadi bagian yang paling diremehkan ketika berbicara masalah kesehatan. Tapi tahukah Anda kalau kaki bisa memberitahu kita tentang masalah kesehatan yang ada dalam tubuh?

Setiap kaki memiliki 33 sendi dan 100 otot. Banyak pula terdapat saraf dan pembuluh darah yang mengarah ke jantung, otak, dan tulang belakang. Sebaiknya jangan mengabaikan rasa sakit yang terjadi di kaki kita. Berikut tanda-tanda masalah kesehatan yang bisa dilihat dari kaki kita:

1.Kaki yang sangat kering. Hal ini biasa terjadi di musim dingin. Tapi itu juga bisa tanda dari buruknya sirkulasi darah. Biasanya disebabkan oleh penyakit arteri perifer. Penyakit ini juga menyerang delapan juta orang di Amerika Serikat. Tanda-tanda lainnya seperti bulu yang tumbuh dan kaki atau pergelangan kaki yang mengkilap.

2. Sering kram. Kram yang terjadi biasanya disebabkan karena dehidrasi. Tapi hal ini juga bisa disebabkan kurangnya magnesium pada tubuh. Magnesium penting setidaknya pada 300 fungsi tubuh. Kram juga bisa terjadi karena kurangnya kalsium dan kalium. Oleh karena itu, pastikan kita untuk mendapatkan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Kita juga bisa mengonsumsi susu untuk meningkatkan asupan kalsium.

3. Kaki yang dingin. Jika kaki kita selalu terasa dingin sepanjang waktu, sebaiknya perlu waspada. Itu menjadi tanda dari thyroid (tiroid) yang tidak bekerja dengan baik. Akibatnya, tiroid tidak menghasilkan hormon yang cukup untuk mengatur metabolisme.

4. Luka yang tidak bisa sembuh. Ini mungkin merupakan tanda dari diabetes. Luka yang tidak sembuh merupakan sinyal dari sirkulasi darah yang buruk. Peningkatan kadar gula dalam darah dapat menyebabkan kerusakan saraf. Selain itu menyebabkan minimnya aliran darah pada kaki. Itu sebabnya mengapa luka tidak menyembuh.

5. Kuku kaki yang berwarna kuning. Perubahan warna ini biasanya disebabkan oleh jamur. Tapi bisa juga disebabkan oleh masalah pernapasan dan lymphedema, yang menyebabkan pembengkakan di lengan atau kaki.

6. Garis merah di bawah kuku kaki. Jika kita melihat garis merah pada kuku kaki, bisa jadi tanda dari penyakit jantung. Garis merah ini dapat menjadi tanda dari infeksi jantung. Pembuluh darah rusak akibat gumpalan darah kecil yang merusak kapiler di bawah kuku. Mereka bisa menjadi indikasi dari endokarditis (infeksi pada lapisan dalam jantung).

(theactivetimes.com)

Editor: Edinayanti
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help