Berapa Populasi Manusia yang Mampu Ditampung Bumi?

Hanya terdapat sedikit jumlah kawasan yang tersisa di bumi, tidak termasuk sumber daya alam yang tersisa seperti makanan, air bersih, dan sumber energ

Berapa Populasi Manusia yang Mampu Ditampung Bumi?
Alamy Stock Photo
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Saat ini jumlah penduduk di dunia telah mencapai 7 miliar jiwa.

Total tersebut merupakan jumlah yang sangat besar. Tapi berapakah jumlah kapasitas yang mampu ditampung Bumi?

Overpopulasi. kalimat tersebut menjadi topik dalam perbincangan di kalangan WHO (World Health Organization) karena saat ini Bumi telah menampung populasi yang sangat besar.

Tetapi apakah jumlah tersebut merupakan jumlah yang sangat besar yang bisa ditampung Bumi?

Sangat jelas jika ukuran Bumi tidak mungkin akan bertambah luas. Hanya terdapat sedikit jumlah kawasan yang tersisa di bumi, tidak termasuk sumber daya alam yang tersisa seperti makanan, air bersih, dan sumber energi.

Faktor-faktor penentu yang mendukung populasi kehidupan manusia di Bumi juga semakin berkurang, sehingga pertumbuhan populasi manusia yang sangat pesat mejadi semacam ancaman bagi kesejahteraan planet Bumi.

Jawaban atas pertanyaan tersebut dijelaskan David Satterthwaite selaku senior dalam International Institute for Environment and Development di Inggris menuturkan, bukan masalah mengenai jumlah manusia yang ada di planet yang menjadi persoalan.

Tetapi lebih fokus mengenai jumlah orang yang mengonsumsi, dan skala bagaimana manusia menghabiskan semua sumber daya alam tersebut.

Seperti mengutip dari kalimat Gandhi: "Bumi memiliki kapasitas untuk menampung semua jumlah orang, namun tidak cukup untuk menampung keserakahan umat manusia."

Berdasarkan prediksi dari data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutkan bahwa jumlah populasi penduduk akan mencapai 9,7 miliar pada tahun 2050, dan akan mencapai lebih dari 11 miliar jiwa pada tahun 2100, dikutip melalui situs bbc.com

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved