Tips Kecantikan

Jangan Tidur dengan Riasan Make Up, Ini Akibatnya

Riasan wajah meski sederhana, kata Marotta, tetap harus dibersihkan hingga benar-benar terangkat dari kulit wajah Anda.

Jangan Tidur dengan Riasan Make Up, Ini Akibatnya
Thinkstock/Comstock Images
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Terlalu lelah karena aktivitas harian menjadi alasan umum yang diutarakan wanita mengenai mengapa mereka malas membersihkan wajah sebelum tidur.

Tak sedikit wanita yang memilih cara praktis membersihkan wajah menggunakan tisu basah atau kapas khusus sekali usap.

Namun, cara tersebut sebenarnya sama sekali tak efektif dalam mengangkat kotoran debu, polusi udara, dan minyak di permukaan kulit wajah yang telah terpendam seharian penuh.

Anda tetap harus membersihkan wajah secara menyeluruh. Tujuannya, tentu saja agar terhindar dari jerawat dan penuaan dini.

Menurut James C Marotta MD, seorang dokter spesialis bedah plastik dan pakar perawatan kulit, tidur dengan keadaan tata rias yang belum dibersihkan dari wajah sangat berbahaya bagi kulit.

Kebiasaan ini, ungkap Marotta, merupakan cara terbaik dalam mengundang gangguan kulit kronis di wajah.

“Kulit itu memperbaiki diri sendiri di malam hari ketika Anda tertidur. Pulasan make up yang tidak dibersihkan bisa menyumbat pori-pori dan kulit sulit bernapas,” terang Marotta.

Marotta juga mengungkapkan bahwa tidur dalam keadaan tata rias yang masih menempel pada kulit wajah, memicu timbulnya beragam gangguan pada kulit, mulai dari kulit yang tidak merata, kulit menjadi kering, memerah, timbulnya jerawat, dan bahwa kerutan pada wajah.

"Tidur dengan tata rias masih menempel juga dapat meningkatkan paparan radikal bebas yang memicu kerusakan kolagen dan kulit menjadi menua lebih cepat," imbuhnya.

Riasan wajah meski sederhana, kata Marotta, tetap harus dibersihkan hingga benar-benar terangkat dari kulit wajah Anda.

“Meski hanya mascara, Anda tetap harus menghapusnya sebelum tidur. Sebab, Sebab, maskara pun dapat menyumbat folikel, yakni lubang tempat tumbuhnya bulu mata Anda. Ini akan menyebabkan iritasi, peradangan, hingga infeksi maupun kista,” jelasnya.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved