Buron 4 Tahun, Perempuan Cantik Pembobol Bank Jateng Rp 39 Miliar Ini Dibekuk di Sumut

Terpidana kasus korupsi kredit dengan agunan fiktif di Bank Jateng dan Bank Jateng Syariah, setelah empat tahun menjadi buronan akhirnya tertangkap

Buron 4 Tahun, Perempuan Cantik Pembobol Bank Jateng Rp 39 Miliar Ini Dibekuk di Sumut
istimewa via tribun jateng
Yanuelva Etlina 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MEDAN - Terpidana kasus korupsi kredit dengan agunan fiktif di Bank Jateng dan Bank Jateng Syariah, setelah empat tahun menjadi buronan akhirnya tertangkap dari satu kamar kos di Jalan Tukang Besi, Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Etliana merupakan terpidana yang dihukum 15 tahun penjara, denda Rp 500 juta, subsider 6 bulan kurungan serta membayar uang pengganti Rp 39 miliar karena terbukti perbuatannya telah membuat negara mengalami kerugian sebesar Rp 39 miliar.

Menurut Asisten Intelijen Kejati Sumut, Nanang Sigit, Tim dari Kejagung dan Kejati Sumut mengintai Yanuelva Etliana yang sempat berpindah-pindah tempat sampai akhirnya dua tahun ini menetap di Pancur Batu.

Dia tak berkutik saat ditangkap di sebuah kamar kos di Jalan Tukang Besi, Pancur Batu.

"Kalau terpidana tidak mampu membayar, maka harta bendanya akan disita dan dilelang. Jika tidak mencukupi, maka dia harus menjalani tambahan hukuman penjara selama delapan tahun lagi," kata Nanang Sigit, Selasa (15/3/2016).

Perkara Etliana, sebut dia, disidangkan pada 2012 di Pengadilan Tipikor Semarang.

Saat proses persidangan, Direktur CV Enhat ini sempat ditahan. Dia juga mengajukan kredit fiktif dengan menggunakan nama CV-CV lain hingga 24 berkas.
Pada 12 Februari 2012 majelis hakim memerintahkan agar dia tidak ditahan.
Setelah perkaranya berkekuatan hukum tetap, jaksa gagal mengeksekusi karena Etlina kabur.

"Terpidana kabur dengan cara meminjam sepeda motor temannya, kemudian dijemput seseorang yang sudah menunggunya," tambah Sigit.

Menurut dia, Etlina akan dibawa ke Jawa Tengah secepatnya. Pihaknya sedang menunggu kedatangan pihak Kejati Jawa Tengah.

Editor: Ernawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved