Putih Harum Mewangi, Ternyata Begitu Banyak Khasiat Melati Untuk Kesehatan Kita

Kita semua tentu tahu bunga melati. Warnanya putih dan wangi. Selain kecantikannya itu, melati ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Putih Harum Mewangi, Ternyata Begitu Banyak Khasiat Melati Untuk Kesehatan Kita
net
Ilustrasi

BANJARMASINPOST.CO.ID – Kita semua tentu tahu bunga melati. Warnanya putih dan wangi. Selain kecantikannya itu, melati ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Ia mampu menurunkan suhu badan ketika demam.

Bunga putih ini mengandung jasmon, sejenis kenton. Kenton inilah yang mampu menurunkan suhu badan yang sedang demam. Selain itu, kenton juga bersifat menyejukkan. Tak hanya itu saja. Bunga cantik ini juga bisa dijadikan ‘ramuan’ untuk memijat. Melati dapat menenangkan urat saraf bila dipakai untuk mengurut.

Melati juga dapat kita gunakan untuk menghilangkan jerawat. Caranya pun cukup mudah. Tumbuk sampai halus 20 kuntum melati, dau jari asam kawak, dan seibu jari belerang yang telah dicuci. Lalu peras dan beri dua sendok makan air jeruk nipis. Selanjutnya, gosokkan pada bagian wajah yang berjerawat. Hal ini akan lebih baik bila dilakukan dua kali dalam sehari.

Menariknya lagi, harumnya wangi melati juga bisa ‘menular’ pada tubuh kita. Tenyata melati juga dapat menghilangkan bau badan. Caranya juga gampang. Cucilah 30 kuntung bunga melati, lalu masukkan ke dalam gelas yang berisi ari matang. Kemudian tutup dengan plastik yang dilubangi kecil-kecil. Terakhir, embunkanlah selama semala. Kita bisa minum ramuan ini setiap pagi selama lima hari berturut-turut untuk menghilangkan bau badan.

Ada pula manfaat unik dari melati. Bunga ini bisa meredakan bengkak akibat gigitan serangga. Dengan meremas sampai hancur bunga melati yang telah dicuci, dan menempelkannya pada bagian yang digigit, bengkak pun dapat mereda.

Editor: Edinayanti
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help