Waspada, Posting Foto Pribadi ke Sosmed, Rawan Kena Santet!

Anda boleh percaya atau boleh juga tidak. Namun, setidaknya peringatan ini bisa menjadikan kita agar lebih waspada dan berhati-hati dalam menggunakan

Waspada, Posting Foto Pribadi ke Sosmed, Rawan Kena Santet!
kompasiana
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALA LUMPUR - Anda boleh percaya atau boleh juga tidak. Namun, setidaknya peringatan ini bisa menjadikan kita agar lebih waspada dan berhati-hati dalam menggunakan sosial media.

Seorang agen federal dari CyberSecurity Malasyia, Jazannul Azriq Arifin memperingatkan kepada pengguna media sosial agar tidak mengunggah foto mereka di sosial media bila tidak ingin menjadi korban santet atau ilmu hitam.

Jazannul Azriq Arifin menyebutkan, pernah terjadi kasus seorang "bomoh" atau dukun tradisional menggunakan foto yang dipasang di media sosial facebook untuk mencelakai korban.

"Jadi jangan heran jika dukun semakin pintar. Bahkan, mungkin mereka telah menginstal broadband nirkabel untuk mengirimkan sihir hitam mereka," kata communications officer CyberSecurity Malaysia ini dikutip dari harian lokal Malaysia.

"Jadi, sebaiknya hindari mengupload gambar diri sendiri untuk menghindari ancaman ilmu hitam," ucapnya,

Sayangnya dia tidak merinci kasus apa yang pernah terjadi atau bagaimana cara ilmu hitam dari dukun bisa bekerja secara online.

Jazanu juga memperingatkan kepada pengguna media sosial agar tidak memposting rincian pribadi. Di antaranya nomor telepon, alamat rumah serta gambar tidak senonoh.

CyberSecurity Malaysia adalah lembaga di bawah Depatemen Science Technology and Innovation Ministry. Lembaga ini diresmikan diluncurkan pada 2007 oleh mantan perdana menteri Tun Abdullah Ahmad Badawi untuk mengatasi permasalahan dibidang cybersecurity. (themalaymailonline.com)

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Surya Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help