NEWSVIDEO

Begini Istimewanya Panen Perdana di Balangan, Petani Pun Tanam Padi Dua Kali Setahun

"Itu artinya sisa target tanam selanjutkan akan direalisasikan di semua kecamatan yakni 7.862 hektar"

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kecamatan Halong di tahun 2016 ini menjadi tempat pelaksanaan panen perdana yang dilakukan oleh Pemkab Balangan Melalui Dinas Pertanian setempat.

Bertempat di Desa Bangkal, panen perdana ini terbilang istimewa, karena di hadiri oleh jajaran Dinas Pertanian Provinsi, kemudian sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Balangan.

Selain panen padi perdana, pihak pemerintah juga langsung melakukan semai padi sebagai upaya mendukung tanam dua kali di daerah ini.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian Provinsin Fathurrahman, Kapolres Balangan AKBP Sudrajat Hariwibowo, Kejari Paringin Sofyan Selle, Camat se Kabupaten Balangan, Letnan Kolonel Inf Priyanto Eko Widodo selaku Komandan Kodim 1001/Amt dan pejabat lainnya.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, Peternakan dan Perikanan Tuhalus mengatakan upaya pencapaian target tanam di Balangan ditahun 2016 terus digenjot.

"Target tanam yang dibebankan ke Kabupaten Balangan 2016 adalah luas tanam padi 40.109 hektar, tanam jagung 1.500 hektar dan kedelai 2.000 hektar," katanya.

Lebih lanjut saat ini terhitung triwulan pertama 2016 sudah panen khusus padi sudah mencapai 32.247 hektar dimana target sementara yang dicanangkan sebelumnya adalah 32.179 hektar.

"Itu artinya sisa target tanam selanjutkan akan direalisasikan di semua kecamatan yakni 7.862 hektar," ujarnya.

Dijelasnnya, kecamatan yang berpotensi besar untuk memenuhi target sisa tanam tersebut adalah di Lampihong dengan lahan lebak seluas 1.700 hektar dan tanam dua kali seluas 6.162 hektar.

"Kalau di Halong ini salah satu lokasi untuk bisa tanam dua kali adalah tiga desa yakni Binju, Baruh Panyambaran, dan Bangkal, disini ada 600 hektar lahan yang tersedia," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved