Dua Kali diambil Sampel, HSU Negatif Flu Burung

Tindakan pencegahan juga telah dilakukan dengan penyemprotan desinfektan di beberapa pasar unggas.

Dua Kali diambil Sampel, HSU Negatif Flu Burung
banjarmasinpost.co.id/reni kurnia wati
Dinas Perikanan dan Peternakan HSU bekerjasama dengan Balai Veteriner Banjarbaru untuk pengambilan sampel itik melalui media swab kloaka yang dilakukan di Pasar Alabio, Kecamatan Sungai Pandan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Dinas Perikanan dan Peternakan HSU bekerjasama dengan Balai Veteriner Banjarbaru untuk pengambilan sampel itik melalui media swab kloaka yang dilakukan di Pasar Alabio, Kecamatan Sungai Pandan.

Hal ini dilakukan untuk menngetahui apakah adanya penularan virus flu burung di Kabupaten HSU mengingat di daerah lain seperti Kabupaten Banjar, HST dan Tabalong sudah ada kasus positif flu burung.

Dokter hewan Retno Wulan Handayani pihak dari B-Vet mengatakan pengambilan sampel di HSU sudah dilakukan dua kali, pada bulan lalu pengambilan sampel yang diambil hasilnya negatif.

"15 sampel kami ambil, dua diantaranya sampel dari lingkungan, satu minggu baru bisa keluar hasilnya labnya," ungkapnya.

Dalam pengambilan sampel tersebut juga didampingi oleh kepala bidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat I Gusti Putu Susila mengatakan tindakan pencegahan juga telah dilakukan dengan penyemprotan desinfektan di beberapa pasar unggas.

"Peternak dan pedagang juga dipersilakan mengambil vitamin di kantor secara gratis," ungkapnya.

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved