NEWSVIDEO

Luapan Air Sungai Negara Rendam Pasar Alabio HSU

Bukan hanya dari luapan air sungai namun juga dari drainase yang buntu sehingga air meluap dari selokan yang ada di sekitar bangunan pasar

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Pasar Alabio, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, yang letaknya tepat berada di aliran sungai Negara mengakibatkan pasar seringkali terjadi banjir.

Bukan hanya dari luapan air sungai namun juga dari drainase yang buntu sehingga air meluap dari selokan yang ada di sekitar bangunan pasar.

Arif salah satu pedagang mengatakan memang sudah biasa mengalami banjir di pasar Alabio, setiap kali air sungai naik pasar Alabio memang menjadi sasaran luapan airnya.

Air juga keluar dari saluran disekitar ruko, selokan yang fungsi utamanya mengalirkan air justru menjadi sumber penyebab banjir.

Masih ujar Arif beberapa pedagang ikan yang berjualan tepat dipinggiran sungai sudah membuat penahan air secara pribadi menggunakan karung yang diisi pasir.

Meski mampu menahan air namun hanya sedikit saja, air tetap bisa mengalir melalui celah. Bahkan saat sungai naik bendungan sederhana tersebut tak mampu lagi menahan luapan air.

“Pagi tadi air yang menggenangi jalan dan teras pertokoan mencapai mata kaki orang dewasa, namun setelah dilakukan penyedotan akhirnya mulai surut,” ungkapnya.

Penyedotan air saat terjadi banjir hanya dilakukan setiap hari pasar yaitu hari Rabu, jika tidak hari rabu dan terjadi banjir tidak akan dilakukan penyedotan air.

Pedagang yang menjual bahan makanan seringkali khawatir toko yang disewanya tergenang banjir dan membasahi barang dagangan.

“Seluruh pedagang meninggikan sendiri toko yang ada dengan membuat lantai tambahan, pernah saat meletakkan beras dilantai dan ternyata terjadi banjir akhirnya sebagian beras yang basah terpaksa langsung dijual,” ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved