Inspirasi Bisnis

5 'Dogkrak' Bisnis di Saat Krisis

Dongkrak ini umumnya digunakan oleh perusahaan yang telah mengalami kejenuhan alias mentok terhadap pasar atau target pelanggan tertentu.

5 'Dogkrak' Bisnis di Saat Krisis
Thinkstock
Ilustrasi perdagangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Di balik semua kesulitan, selalu ada kemudahan! Nasehat yang sangat lazim ini kiranya bisa menjadi salah satu dalil kuat untuk memastikan bisnis yang kita jalankan saat ini terus berjalan meski dalam kondisi yang sangat sulit.

Lalu, benarkah di balik semua kesulitan selalu ada kemudahan? Bukankah pernyataan tersebut sepintas menjadi sesuatu yang sangat bertentangan?

Sekarang, mari kita buktikan secara bersama-sama bahwa di balik semua kesulitan tersimpan sebuah kemudahan. Bahkan di saat krisis seperti sekarang, justru banyak kita temukan benih-benih pendongkrak pertumbuhan bisnis.

Dongkrak pertama yang bisa digunakan adalah membuat produk atau jasa yang Anda jual menjadi mudah diakses dan dijangkau, alias affordable and reachable.

Misalnya dengan memberikan kemudahan pembayaran, memperpanjang masa angsuran, memperkecil uang muka, memperkecil kemasan, dan menambah aneka pilihan pembayaran.

Dengan dongkrak pertama ini, meski disaat daya beli pelanggan menurun, kita tidak perlu menurunkan harga terlalu drastis, karena ini akan membuat aliran kas menjadi kritis.

Sebaliknya, dengan dongkrak ini akan membuat produk atau jasa anda tampak bersahabat dan berempati dengan kondisi keuangan pelanggan.

Dongkrak kedua adalah mengembangkan segmentasi pelanggan secara lebih spesifik dan unik.

Sebagai contoh, kita bisa membuat segmen pelanggan sesuai dengan daya belinya, seleranya, daerah tempat tinggalnya, dan barangkali berdasarkan perilaku konsumsinya.

Melakukan segmentasi pelanggan, membuat kita mampu membidik sasaran pelanggan secara lebih presisi dengan akurasi yang serasi.

Halaman
123
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help