Jembatan Tawaf di Masjidil Haram Mulai Dibongkar

Umat Islam yang baru saja ke Tanah Suci atau yang sering menyaksikan tayangan televisi Makkah, mungkin menyaksikan jembatan tawaf yang melingkar di

Jembatan Tawaf di Masjidil Haram Mulai Dibongkar
ist via kemenag.go.id
Proses pembongkaran jembatan mataf sudah setengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MAKKAH - Umat Islam yang baru saja ke Tanah Suci atau yang sering menyaksikan tayangan televisi Makkah, mungkin menyaksikan jembatan tawaf yang melingkar di sekeliling Ka'bah.

Jembatan tawaf itu dibangun terkait proyek perluasan tempat tawaf (mataf).

Nah, proyek perluasan mataf itu kini memasuki tahap final.

Oleh Pemerintah Saudi Arabia, jembatan mataf itu pun berangsur dibongkar.

Pembongkaran dimulai sejak April. Bahkan hingga Rabu (13/4/2016),
hampir setengah bagian jembatan ini sudah dibongkar.

“Jembatan sementara akan dibongkar sampai 20 Shaban demi mengejar batas waktu pekerjaan Mataf, yaitu pada bulan Ramadhan. Pekerjaan akan dilakukan sepanjang hari,” kata Kepala Komite Teknis Mataf di Umm Al Qura UNiversity, Faisal Wafa, seperti dikutipArab News, Rabu (13/4/2016) dilansir situs Kemenag RI.

Proses pembongkaran dilakukan dengan tetap memastikan keamanan di Masjidil Haram, baik keamanan pekerja maupun jamaah yang sedang berumrah.

Menurut Faisal, pihak keamanan masjid, pertahanan sipil, Komite Teknis Umm Al Qura dan kontraktor, terus melakukan koordinasi satu sama lain. “Koordinasi dilakukan demi memastikan keamanan secara menyeluruh,” ucap dia.

Ketua Umum Pengurus Dua Masjid Suci, Syekh Abdul Rahman Al Sudais, menjelaskan jembatan tersebut sudah tidak diperlukan karenakan proyek perluasan Mataf telah rampung.

Kepada jamaah lansia, penyandang disabilitas, dan jamaah yang mengandalkan kursi roda, As-Sudais mengimbau untuk menggunakan jalur alternatif yang sudah disiapkan dengan memperhatikan rambu-rambu yang ada di Masjidil Haram.

“Mereka dapat mengikuti pedoman dan petunjuk yang berlaku,” tuturnya.

Penulis: Ernawati
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help