Anda Bingung, Buka Rekening Valas atau Rekening Rupiah?

Jika tidak ada kebutuhan rutin bertransaksi valas, lebih baik Anda membuka rekening rupiah saja. Pasalnya, bunga simpanan untuk rupiah lebih tinggi

Anda Bingung, Buka Rekening Valas atau Rekening Rupiah?
Tribunnews
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Perlu atau tidak membuka rekening valas di bank? Jawabannya bergantung aktivitas Anda.

Jika tidak ada kebutuhan rutin bertransaksi valas, lebih baik Anda membuka rekening rupiah saja. Pasalnya, bunga simpanan untuk rupiah lebih tinggi ketimbang untuk simpanan valuta asing.

Begitu pula jika Anda terhitung jarang bepergian ke luar negeri, maka cukup mengupayakan kebutuhan valas ke money changer.

Lain halnya jika Anda punya kebutuhan rutin bertransaksi valas. Misalnya, Anda harus mengirim uang bagi putra Anda yang tengah studi di mancanegara. Sebaiknya Anda memiliki rekening valas.

Demikian juga, jika dalam setahun Anda bisa bepergian ke luar negeri lebih dari lima kali, maka Anda perlu memiliki rekening, seperti tabungan valas. Tujuannya Anda mudah melakukan tarik tunai saat berada di berbagai negara.

Begitu pula kalau Anda seorang pebisnis yang rutin membayar ekspor atau impor, maka wajib memiliki rekening valas

Sebenarnya, membuka rekening valas, khususnya tabungan valas lebih ditujukan untuk kemudahan transaksi dan menghindari kerugian akibat selisih kurs jual dan beli. “Karena bunga tabungan valas itu kecil sekali, hanya 0,25%, jadi bukan diharapkan imbal hasilnya,” jelas Aidil Akbar, perencana keuangan dari Akbar Financial Check Up.

Nah, apakah Anda termasuk yang perlu membuka rekening valas?

Editor: Didik Trio
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help