Inilah Perempuan Kulit Hitam Pertama di Gambar Mata Uang Dolar AS

Uang pecahan 20 dolar AS yang selama ini dihiasi gambar wajah Andrew Jackson, presiden ketujuh AS, akan berganti rupa.

Inilah Perempuan Kulit Hitam Pertama di Gambar Mata Uang Dolar AS
Getty
Harriet Tubman dan pecahan 20 dolar AS. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, WASHINGTON DC - Uang pecahan 20 dollar AS yang selama ini dihiasi gambar wajah Andrew Jackson, presiden ketujuh AS, akan berganti rupa.

Nantinya, wajah yang akan dipampang di atas lembaran uang ini adalah wajah Harriet Tubman (1822-1913), seorang aktivis anti-perbudakan yang membantu pelarian ratusan budak lewat jalur kereta bawah tanahnya.

Harriet akan menjadi perempuan sekaligus tokoh kulit hitam pertama yang menghiasi uang kertas AS sejak wajah Martha Washington yang terpampang di pecahan 1 dollar lebih dari 100 tahun lalu.

"Keputusan untuk menggunakan wajah Harriet Tubman di atas uang 20 dollar didasari usul dari ribuan warga AS dari berbagai usia," kata Menteri Keuangan AS, Jack Lew.

Lew menambahkan, uang dengan wajah Harriet Tubman ini dijadwalkan mulai digunakan pada 2020.

Kementerian Keuangan AS juga mengumumkan, wajah Alexander Hamilton, salah satu pendiri AS, tetap digunakan untuk pecahan 10 dollar.

Namun, wajah para aktivis yang memperjuangkan hak pilih perempuan di AS, yaitu Lucretia Mott, Sojourner Truth, Susan B Anthony, Elizabeth Candy Stanton, dan Alice Paul, akan dicetak di bagian belakang uang itu.

Lebih dari 118.000 orang dari 609.000 orang yang disurvei menginginkan wajah Harriet Tubman, aktivis kelahiran Maryland itu, tampil di lembaran uang 20 dollar AS.

Uang baru ini dijadwalkan bisa digunakan pada 2020 bersamaan dengan peringatan 100 tahun Amandemen ke-19 yang memberi hak pilih kepada perempuan AS.

Editor: Ernawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help