Berkah Tulang Ikan Bagi Jam'ah

Tulang ikan, bagi hampir semua orang, hanya merupakan sampah dan kemudian membuangnya. Namun hal itu tak sepenuhnya benar.

Berkah Tulang Ikan Bagi Jam'ah
banjarmasinpost.co.id
BPost edisi cetak 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Tulang ikan, bagi hampir semua orang, hanya merupakan sampah dan kemudian membuangnya. Namun hal itu tak sepenuhnya benar. Tulang ikan ternyata bisa dijadikan bahan makanan.

Adalah Jam’ah, warga Desa Baruh Kembang Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang telah mengolahnya. Dia memproduksi kerupuk berbahan tulang ikan.

Setelah mendapat informasi mengenai manfaat tulang ikan dari seorang profesor di Universitas Lambung Mangkurat saat mengikuti sebuah pelatihan, Jam’ah bersama sang suami mengolahnya menjadi kerupuk. Mereka kini sukses menjadi produsen kerupuk tulang ikan.

Kerupuk ini bahkan telah dipasarkan di sejumlah supermarket dan pusat oleh-oleh di Kalsel. Di antaranya di Giant Banjarmasin, Matahari, toko di sekitar Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, dan pusat oleh-oleh khas Kalsel di Pasar Lama, Banjarmasin.

Produk dengan merek Tiga Putera Daha itu kemudian dipatenkan dengan bantuan Dinas Perindustrian, Koperasi dan Perdagangan HSS.

Kini, Jam’ah makin sering menerima pesanan kerupuk tulang ikan dari kalangan Pemkab HSS untuk dijadikan oleh-oleh bagi tamu daerah.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved