NEWSVIDEO

Ini 3 Modus Pedagang Curangi Pembeli, Kenali dan Jangan Sampai Jadi Korban!

Modus lain, yang kerap dijumpai di Indonesia, beberapa pedagang buah yang sengaja mencampur buah kualitas baik dengan kualitas buruk atau tidak layak.

Ini 3 Modus Pedagang Curangi Pembeli, Kenali dan Jangan Sampai Jadi Korban!
Youtube
Modus pedagang curangi pembeli. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Bagi anda yang suka bebelanja di pasar tradisional ataupun di pasar modern, sebaiknya berhati-hati dan lebih teliti sebelum membeli barang.

Sebab, ada sejumlah oknum pedagang di pasar yang sengaja berbuat curang demi mendapatkan keuntungan pribadi. Ada beberapa modus penipuan yang mereka lakukan.

Misalnya penjual ikan dalam video di atas yang sengaja menyuntikan cairan ke dalam tubuh ikan akan memiliki berat sesuai dengan yang diinginkan penjual. Seperti dalam video di bawah ini :

Dengan tambahan berat, otomatis harga ikan juga akan semakin mahal. Praktik menyuntikan cairan ini juga biasa dilakukan oleh pedagang daging atau penjual ayam potong.

Modus lain, pedagang mengganti bungkusan berisi barang yang akan dibeli pembeli dengan bungkusan berisi barang yang sama namun dalam jumlah atau kondisi yang berbeda. Seperti dalam video di bawah ini :

Dalam video yang diunggah di facebook oleh situs berita shanghaiist.com, pedagang jeruk dan pedagang ayam sengaja mengganti bungkusan yang baru saja ditimbang dengan bungkusan lain yang telah mereka siapkan di bawah.

Pembeli, dalam video tersebut tidak menyadari barang yang mereka beli sudah diganti oleh si pedagang curang ini. Biasanya, pada modus ini pedagang atau penjual akan berupaya mengalihkan perhatian si pembeli. Contohnya bisa dilihat dalam video di bawah ini:

Modus lain, yang kerap dijumpai di Indonesia, beberapa pedagang buah yang sengaja mencampur buah kualitas baik dengan kualitas buruk atau tidak layak. Agar pembeli tertipu, buah tersebut dibungkus dalam kemasan yang menarik dan sudah ditimbang.

Biasanya, modus tersebut dilakukan pedagang yang biasa berjualan di tempat-tempat wisata atau di pinggir jalan.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Surya Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved