Serambi Ummah

Pencuri Ini Berdalih Mencuri untuk Anak Istrinya, Apa Kata Rasulullah?

Abu Hurairah merupakan salah seorang sahabat Rasulullah SAW yang kemudian menjadi salah satu ahli hadis sepeninggalnya Rasul.

Pencuri Ini Berdalih Mencuri untuk Anak Istrinya, Apa Kata Rasulullah?
net
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Abu Hurairah merupakan salah seorang sahabat Rasulullah SAW yang kemudian menjadi salah satu ahli hadis sepeninggalnya Rasul.

Ke-Islam-annya tentu saja tidak ada yang meragukan lagi, sehingga dia dipercaya Rasulullah SAW untuk menjaga makanan persediaan kaum muslimin menghadai Ramadan saat itu.

Suatu malam, Abu Hurairah didatangi seorang pria yang hendak mencuri makanan yang diamanahkan Rasul kepada Abu Hurairah. Namun dengan siaga sang sahabat berhasil menangkapnya.

“Ketika ditangkap si pencuri mengaku terpaksa karena anak-anak dan istrinya perlu makanan. Maka Abu Hurairah pun membebaskan si pencuri tadi membawa pulang hasil curiannya,” ujar Ustadz Azhar Fitri di hadapan jamaah Salat Magrib Masjid Al Jihad Banjarmasin.

Keesokan harinya, Rasul menanyakan hal itu dan Abu Hurairah pun heran mengapa Rasulullah sampai mengetahui padahal tidak ada seorang pun melihat ketika kejadian berlangsung.

“Rasulullah mengetahui hal hal gaib melalui wahyu Allah SWT,” ujar ulama ini.
Lalau Abu Hurairah menceritakan kondisi si pencuri.

“Dia berbohong,” ujar Rasulullah tentang pengakuan si pencuri yang dikutip Abu Hurairah tadi.

Dan, kejadian ini terulang keesokan malamnya dan Rasulullah tetap menyatakan si pencuri itu ‘bohong’.

Hingga malam ketiga si pencuri datang lagi dengan tujuan sama, namun kali ini Abu Hurairah tidak melepaskannya hingga si pencuri membuka kedok siapa dirinya.

“Aku ini sebenarnya setan, maka maukah kau Abu Hurairah kuajarkan dan kuberikan satu senjata untuk melawan gangguan setan dan para jin? Baca Ayat Kursi,” ujar si setan tadi.

Kemudian hal ini diceritakan Abu Hurairah lagi kepada Rasulullah.

“Rasulullah pun berkata: yang diucapkan setan tadi benar wahai Abu Huraiah. Artinya Ayat Kursi diajarkan Rasul sebagai salah satu senjata utama umat Islam untuk melawan setan dan jin,” ujar ulama ini.

Penulis: Umi Sriwahyuni
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help